3 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Membeli Asuransi

03 Nov 2015, 13:05

Bintang.com, Jakarta Asuransi memang diperlukan bagi sebagian orang untuk menyelamatkan keadaan finansial mereka di masa mendatang. Produk asuransi beragam, mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, perjalanan, rumah, mobil, hingga asuransi syariah. Nah, karena iming-iming penjualnya kerap kali 'manis,' banyak orang yang merasa tertipu setelah membeli asuransi. 

Sebenarnya, kecil kemungkinan kalau perusahaan asuransi itu menipumu. Mereka, para penjual asuransi memang tugasnya mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Otomatis mereka menyampaikan sekaligus menekankan kelebihan dari produk tersebut. Artinya, ada beberapa kesalahan yang dilakukan pembeli asuransi hingga menyesal setelah membeli produk asuransi. Nah, supaya kamu enggak merasa 'tertipu' lagi, lebih baik pastikan tiga hal di bawah ini sebelum membelinya.

Pastikan kalau kamu benar-benar butuh asuransi tersebut. Jangan pernah memebeli produk asuransi yang enggak kamu butuhkan. Karena kamu akan mengalami banyak kesulitan di masa mendatang. Misalnya, kamu membeli asuransi kesehatan, ketika kamu tahu kondisi tubuhmu sangat sehat. Kamu sering olahraga, makan makanan yang sehat dan bahkan jarang pergi ke rumah sakit. Ketika kamu yakin akan kesehatanmu, buat apa membeli asuransi kesehatan? Atau membeli asuransi perjalanan, ketika kamu jarang bepergian ke luar negeri. 


Untung atau rugi kalau membeli produk tersebut? Sebagian besar orang membeli asuransi untuk berjaga-jaga. Memang, kamu enggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi, ketika kamu enggak membutuhkan asuransi tersebut, kamu justru malah rugi secara finansial. Kenapa? Karena kamu berkewajiban untuk membayar iuran setiap bulan. Dan ketika kamu enggak mengalami apa pun sesuai yang tertuang pada polis, uangmu enggak akan diganti. Mungkin per tiga tahun kamu akan mendapatkan uang pengembalian, tapi enggak banyak. Ada yang hanya 25%. Persentase tiap perusahaan berbeda; ada juga yang lebih dari 25% dan ada juga yang kurang. Hal ini justru akan bikin kamu rugi. 


Pastikan kamu sanggup membayar iuran premiumnya. Banyak orang yang, terutama anak-anak muda, membeli asuransi ketika keuangan mereka belum stabil. Hasilnya, di tengah-tengah tahun, atau setelah beberapa bulan, 'keran' uangmu tersumbat dan enggak mampu membayar iuran. Aturan dan ketetapan tiap perusahaan berbeda. Jangan sampai kamu kena denda atau justru terlilit masalah yang lebih parah karena enggak sanggup bayar iurannya. 


Nah, dengan memikirkan ketiga hal di atas, kamu akan lebih waspada sebelum membeli produk asuransi. Selain ketiga hal tersebut, kamu juga enggak boleh beli asuransi karena merasa kasihan dengan si penjualnya. Atau karena temanmu yang menjual. Kalau kamu belum perlu dan enggak siap, lebih baik gunakan uangmu untuk berinvestasi atau ditabung.

Sumber: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2340636/3-hal-yang-harus-kamu-pastikan-sebelum-membeli-asuransi