4 tips memilih asuransi rumah

16 Jan 2018, 09:20

Jenis-jenis asuransi sangat banyak sekali, mulai dari pendidikan, kesehatan, kecelakaan, dan lain sebagainya. Untuk anda yang berencana membeli asuransi rumah, baiknya ikutan 4 tips jitu berikut ini.

1.Lakukan perbandingan

Dewasa ini perusahaan asuransi sangat banyak sekali, baik didalam negeri atau diluar negeri. Sebaiknya sebelum anda memilih salah satu perusahaan asuransi, baiknya anda melakukan perbandingan. Karena biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki produk dan ketentuannya tersendiri.

Proses ini memang sedikit merepotkan namun akan berguna dikemudian hari. Untuk melakukan perbandingan anda dapat mengunjungi langsung kantor penyedia asuransi rumah tersebut atau mengunjungi website online asuransi yang anda pilih.

2.Ketahui jaminan

Sebelum menentukan perusahaan asuransi rumah, baiknya mengetahui pelindungan apa saja yang mereka tawarkan. Seperti pelindungan terhadap kebakaran, ketahui dengan jelas jenis kebakaran apa yang akan mendapatkan asuransi, karena faktor kebakaran sangat beragam seperti terkena petir, listrik dan sebagainya.

3.ketahui dengan jelas proses klaim

Setiap orang pasti tidak ingin mendapatkan musibah, namun jika hal ini benar-benar terjadi anda tentu dapat mengajukan klaim kerugian, sebaiknya tanyakan tentang klaim apakah prosesnya sulit atau mudah. Setiap perusahaan asuransi itu memiliki prosedur klaim yang berbeda-beda. Untuk itu lakukan perbandingan lalu pilih yang paling mudah dalam mengurus klaim.

4.Nilai pertanggungan dan biaya.

Hal lain yang merupakan faktor penting sebelum memilih perusahaan asuransi rumah adalah pastikan berapa biaya yang harus anda bayar dan berapa nilai pertanggungan yang akan anda dapatkan. Ini penting untuk diingat karena jangan sampai uang pertanggungan yang anda dapatkan tidak cukup untuk membangun kembali rumah anda. Oleh sebab itu lakukan perhitungan dengan seksama antara lamanya kontrak asuransi dan jumlah pertanggungan yang akan anda dapatkan.

Sumber : google.co.id