42 Persen Nelayan PPU Tanpa Kartu Identitas Nelayan

02 Aug 2017, 08:21

Masih banyak nelayan di Penajam Paser Utara (PPU) Prov. Kalimantan Timur yang belum memiliki kartu identitas nelayan. Tercatat dari 4.560 nelayan perikanan laut dan perairan umum, baru 2.194 yang sudah memiliki kartu tersebut. Padahal, selain sebagai identitas diri, kartu identitas nelayan berfungsi sebagai kartu asuransi jaminan keselamatan kerja bagi nelayan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Perizinan Dinas Perikanan PPU Mulyono akhir pekan lalu. Rendahnya jumlah nelayan yang telah memiliki kartu identitas tersebut lantaran para nelayan yang ada PPU menganggap kartu tersebut belum terlalu penting. Jadi, jumlah nelayan yang ada di PPU baru sekitar 48 persen yang mau mengurus kartu tersebut. “Padahal, kartu ini dasar untuk asuransi nelayan. Termasuk mendapat bantuan dari pemerintah,” ucap dia.

Pihaknya tidak bisa melakukan sosialisasi secara menyeluruh disebabkan keterbatasan anggaran yang dimiliki dinas ini. “Kan tahun lalu defisit. Mau enggak mau, pelan-pelan sosialisasinya. Enggak sekaligus,” sambung pria berkumis itu.

Menurut Mulyono, nelayan terbanyak yang belum memiliki kartu identitas nelayan tersebar di empat kecamatan di PPU. Jumlah nelayan perikanan laut terbanyak berada di Kecamatan Penajam, dengan 2.315 nelayan, lalu Kecamatan Waru dengan jumlah nelayan sebanyak 649 orang. Disusul Kecamatan Babulu dengan jumlah 990 nelayan, dan Kecamatan Sepaku sebanyak 68 orang. Untuk nelayan perairan umum di Kecamatan Penajam hanya 116 orang, Kecamatan Waru 165 orang, Kecamatan Babulu 131 orang, dan Kecamatan Sepaku 134 orang. “Makanya, kami selalu menyampaikan melalui kelompok nelayan untuk segera mengurus kartu identitas nelayan,” ucap dia.

Kartu identitas nelayan merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Para nelayan yang telah mengurus kartu tersebut akan terdaftar secara online atau dalam jaringan (daring). Kartu ini memudahkan setiap nelayan untuk mengurus premi asuransi jika terjadi kecelakaan saat melaut. (*/rik/ica/k8)

Sumber : kaltim.prokal.co/read/news/306747-42-persen-nelayan-ppu-tanpa-kartu-identitas-nelayan