5 Asuransi yang Cocok untuk Antisipasi Bencana Alam

19 Feb 2018, 13:38

Indonesia dilalui dua lempeng tektonik dan memiliki banyak gunung api. Tak heran apabila Indonesia sering dilanda bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi.

Bencana alam ini tentunya berdampak langsung kepada masyarakat, baik material maupun nonmaterial. Risiko bencana alam memang tidak bisa dihindari, tapi bisa ditekan. Caranya bagaimana? Ya, Anda memiliki asuransi.

Dikutip dari media berita online, Rabu 24 Januari 2018, ada lima jenis asuransi yang bisa Sahabat pilih untuk memperkecil risiko bencana alam, ini penting bagi Anda yang tinggal di daerah rawan bencana.

Pertama, asuransi jiwa. Asuransi jiwa ini bertujuan untuk menanggung kerugian finansial yang tak terduga apabila pemegang polis meninggal dunia. Ketika yang bersangkutan meninggal dunia, ahli waris akan mendapatkan perlindungan finansial jika si tertanggung meninggal dunia.

Kedua, asuransi kesehatan. Biasanya, bencana alam diikuti oleh dampak buruk terhadap kesehatan. Misalnya, debu vulkanik bisa menyebabkan sesak napas dan asma.

Ketika memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perlindungan kesehatan dari gangguan-gangguan kesehatan akibat bencana alam. Asuransi ini akan menjamin biaya rumah sakit, dokter, sampai obat-obatan hingga Anda sembuh.

Ketiga, asuransi properti. Rumah merupakan aset yang paling penting untuk kehidupan. Hunian ini merupakan kebutuhan primer yang wajib dimiliki. Sahabat tak ingin rumah yang dibangun dengan susah payah, hancur akibat bencana alam.

Asuransi properti akan bertanggung jawab terhadap biaya kerusakan rumah jika terkena bencana alam, seperti banjir, kebakaran, dan gempa bumi, plus perlindungan terhadap isi rumah.

Keempat, asuransi kendaraan. Asuransi ini diperlukan untuk menjauhkan Anda dari kerugian besar jika terjadi bencana alam yang ikut merusak kendaraan yang dimiliki. Asuransi ini akan membayar biaya dari perbaikan atau kehilangan kendaraan.

Kelima, asuransi pertanian. Produk keuangan ini penting dimiliki oleh petani, apalagi jika memiliki lahan yang luas dan tinggal di dekat gunung berapi.

Asuransi pertanian akan memberikan perlindungan finansial jika terjadi hal-hal yang tidak bisa diduga seperti bencana alam dan serangan hama yang mengakibatkan gagal panen. Asuransi pertanian ini juga mencakup asuransi ternak.

Sumber : dream.co.id