6 Profesi Penuh Risiko yang Butuh Perlindungan Asuransi

06 Apr 2017, 08:04

Siapa yang ingin terkena musibah? Sudah tentu tidak ada yang mau. Namun musibah atau kecelakaan tidak ada yang bisa mencegahnya meskipun anda sudah berhati-hati. Untuk itu, sebagai manusia kita bisa merencanakan hal-hal yang membantu ketika hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya dengan mengikuti asuransi untuk kecelakaan. Umumnya ada beberapa profesi yang sering bergelut dengan berbagai hal berbahaya. Profesi apa saja yang berpotensi membahayakan diri?

1. Bidang Konstruksi Bangunan

Siapa pun yang bekerja di bidang bangunan tentu sudah tahu bahwa sangat berbahaya memiliki pekerjaan yang bergelut dengan alat-alat berat dan berbagai mesin. Untuk itu anda mesti tahu bagaimana mengatasi jika ada berbagai hal yang tidak diinginkan? Yaitu dengan mengikuti asuransi yang membantu mengkover biaya anda jika terjadi kecelakaan diri. Umumnya orang-orang yang bekerja di konstruksi adalah arsitek, pekerja bangunan, pengguna atau pengendali alat berat.

2. Manufaktur atau Pabrik

Selanjutnya adalah anda yang bekerja di bidang manufaktur dan juga industri seperti pabrik. Karena banyaknya alat bantu manusia untuk bekerja, seperti alat berat dan juga mesin-mesin besar menjadikan anda harus ekstra hati-hati. Namun selain hati-hati anda juga harus mempersiapkan diri dengan asuransi kecelakaan. Karena kemungkinan terjadinya risiko kecelakaan lebih tinggi dari pekerjaan lain. Untuk anda yang bekerja di bidang manufaktur, biasanya berprofesi seperti teknisi, staf pabrik, pengendali alat berat, dan pengawas mesin-mesin yang bekerja. Dengan human error atau sedikit saja kecerobohan akan menyebabkan kecelakaan besar.

3. Transportasi

Selanjutnya adalah bidang di mana sering terjadi kecelakaan, yakni di jalan. Anda tentu tahu bekerja di bidang transportasi menjadikan tingkat bahaya dan juga kecelakaan sangatlah tinggi. Untuk itu, transportasi menjadi satu dari sekian banyak bidang yang harus menggunakan asuransi kecelakaan diri. Baik supir, tukang ojek, kurir, supir truk, dan lainnya harus tahu bagaimana melindungi diri dengan menyiapkan asuransi. Apalagi kecelakaan di jalanan menjadi tinggi ketika anda bekerja dengan ceroboh dan sembarangan.

4. Ahli Lapangan

Seperti halnya bekerja di konstruksi bangunan, para ahli yang bekerja di lapangan pun memiliki tingkat kemungkinan kecelakaan tinggi. Seperti halnya petugas pemeriksa kabel listrik, atau penggali pipa gas yang sangat membahayakan, bahkan jika ada kesalahan bukan hanya mereka saja melainkan orang di sekitarnya juga akan terluka. Untuk itu, petugas yang bekerja di bidang seperti ini haruslah memiliki asuransi kecelakaan diri.

5. Jurnalistik

Jurnalis menjadi satu dari sekian banyak profesi yang sering mengalami kecelakaan. Kenapa bisa? Karena mereka bekerja di lapangan dan harus mendapatkan berita sebagus mungkin tanpa peduli keadaan atau lingkungan sekitar. Belum lagi para jurnalis sering terluka karena ulah orang-orang yang tidak mau menerima untuk diliput atau tidak ingin diberitakan. Maka jurnalis menjadi satu dari sekian banyak profesi yang paling direkomendasikan untuk menggunakan asuransi kecelakaan diri.

6. Pertanian

Terakhir adalah pekerja bidang pertanian yang menjadi pekerjaan yang harus dilindungi dengan asuransi kecelakaan diri. Di mana bidang pertanian dibagi secara luas, baik bidang pertanian lapangan maupun non lapangan. Namun, keduanya sama-sama bermasalah dan memiliki risiko kecelakaan yang tinggi.

Jika berprofesi sebagai petani, tak jarang beberapa petani mengalami kecelakaan diri karena menggunakan alat berat dan menyebabkan kecelakaan. Sedangkan untuk pertanian non lapangan seperti para laboran, mereka juga harus melindungi diri dengan menggunakan asuransi kecelakaan. Karena kecelakaan diri di lingkungan laboratorium lapangan juga sering terjadi karena alat atau bahan kimianya.

Sebenarnya apapun profesinya tentu saja anda harus berhati-hati dan mawas diri dalam bekerja. Meskipun profesi anda selain profesi yang disebutkan di atas, tetap tak menjamin kecelakaan tidak terjadi. Begitu pun sebaliknya, jika menggeluti salah satu profesi di atas, selama anda mengikuti prosedur dengan baik dan memperhatikan berbagai hal dan risiko maka akan menjadikan anda selamat dari hal buruk.

Selain itu asuransi kecelakaan bisa menenangkan anda setelah terjadinya kecelakaan, dan tidak membebankan anda biaya pengobatan dan kesehatan setelah terjadi kecelakaan. Takjarang perusahaan lebih memilih asuransi kecelakaan untuk melindungi pegawainya jika bekerja dan berpotensi mengalami kecelakaan.(kmj)

Sumber : economy.okezone.com/read/2017/03/28/320/1652894/6-profesi-penuh-risiko-yang-butuh-perlindungan-asuransi