8 Resolusi Finansial yang Bisa diwujudkan Semua Orang di 2017

10 Jan 2017, 08:17

Sedang menyusun resolusi untuk 2017? Sayangnya berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, 88 persen resolusi tahun baru gagal untuk diwujudkan. Masalahnya karena banyak orang tidak membuat resolusi mereka secara spesifik sehingga tidak benar-benar tahu apa yang ingin diwujudkan. Alasan lainnya karena resolusi terlalu ambisius dan tidak sesuai dengan kemampuan.

Tapi jangan putus asa dulu, resolusi finansial berikut ini cukup sederhana sehingga bisa diwujudkan siapa saja, seperti,

Menabung DP rumah

Punya rumah di tahun 2017? Mungkin Anda yang baru setahun dua tahun langsung mengerutkan dahi. Padahal kunci utama dari mendapatkan rumah idaman adalah membayar DP. Kalau Anda konsisten menabung Rp 1 juta per bulan, ditambah tidak menggunakan semua bonus baik berupa THR maupun bonus performance, Anda yang bergaji Rp 4 juta per bulan tidak sulit mengumpulkan Rp 20 juta dalam setahun.

Membuat budget

Masih tanggal muda, tapi uang sudah hampir habis entah kemana? Mungkin karena selama ini Anda memang tidak punya anggaran atau malas mencatat pengeluaran. Padahal membuat anggaran dan mencatat anggaran sudah semakin mudah dengan tersedianya berbagai aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone. Setelah belanja, langsung catat sehingga Anda bisa tahu berapa pengeluaran dalam sebulan.

Membayar tagihan kartu kredit

Tagihan kartu kredit mungkin terlihat sulit dilunasi. Namun melunasinya di tahun 2017 bukan mustahil asal Anda punya komitmen. Mulailah dengan membayar tagihan dengan jumlah terkecil atau bunga terbesar.

Membangun dana darurat

Apa yang akan Anda lakukan kalau tiba-tiba kehilangan pekerjaan? Atau tiba-tiba aki mobil rusak? Kalau Anda punya dana darurat, Anda tidak perlu khawatir karena dana darurat memang diperuntukkan untuk kejadian tidak terduga seperti ini. Perencana keuangan menganjurkan setiap orang untuk memiliki dana darurat sebesar setidaknya enam bulan penghasilan.

Mungkin mengumpulkan sebanyak itu terkesan sulit. Tapi Anda bisa membangunnya secara perlahan mulai Januari 2017.

Memangkas pengeluaran tidak penting

Tekad untuk berhemat merupakan resolusi tahun baru yang paling banyak diucapkan. Semudah mengucapkannya, semudah itu pula melupakannya. Padahal berhemat bisa dimulai dari hal kecil, misalnya berhenti membeli kopi dalam perjalanan ke kantor dan menggantinya dengan membuat sendiri di kantor.

Melindungi yang berharga

Risiko kebakaran, rumah kemalingan, atau terkena bencana akan selalu ada. Tahukan Anda kalau membeli asuransi properti, kerugian akibat tiga hal tersebut bisa diganti? Mulai pikirkan membeli asuransi properti untuk melindungi rumah Anda.

Membayar tagihan tepat waktu setiap bulan

Ingin punya catatan kredit yang bagus? Bayarlah tagihan Anda tepat pada waktunya. Lakukan ini secara perlahan tapi konsisten.

Mulai berinvestasi

Kata siapa investasi itu sulit? Sekarang ini Anda bisa berinvestasi reksadana mulai dari Rp 50.000 saja. Ditambah lagi membeli reksadana lebih mudah dengan munculnya berbagai marketplace investasi seperti. Reksadana bisa dengan mudah dibeli melaui smartphone Anda.

askrida | Sumber : bisnis.liputan6.com/read/2694578/8-resolusi-finansial-yang-bisa-diwujudkan-semua-orang-di-2017