80% Sistem Keuangan Syariah Didominasi Perbankan

31 Oct 2016, 08:46

Perkembangan ekonomi dan keuangan Islam semakin menjanjikan. Setidaknya ada tiga pilar keuangan syariah, yakni perbankan syariah, pasar modal syariah dan asuransi syariah yang bisa menjadi pendorong ekonomi Islam.

Namun, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menuturkan, hingga kini keuangan Islam masih didominasi oleh sektor perbankan. Dua pilar berikutnya alias asuransi syariah dan pasar modal syariah belum begitu berkembang.

"Keuangan komersial islam global masih didominasi oleh sektor perbankan islam, yang menyumbang 80% dari keseluruhan sistem," kata Agus di Grand City, Surabaya.

Agus menuturkan, belakangan ini banyak negara mencari formulasi komprehensif ekonomi dan keuangan Islam yang dapat dikembangkan tidak hanya secara konseptual. Namun, formula ekonomi syariah bisa dijadikan penopang ekonomi dari terjangan krisis global.

"Tantangan ekonomi membuktikan bahkan untuk ekonomi konvensional diperlukan agar bisa menyelesaikan tantangan yang ada, pengembangan ekonomi berkelanjutan, pendekatan baru pengembangan konsep ekonomi islam harus bisa sediakan solusi untuk pemerintah," tukas dia. (rzy)

askrida | Sumber : economy.okezone.com/read/2016/10/27/320/1525705/80-sistem-keuangan-syariah-didominasi-perbankan