Akhir 2015, AAUI Prediksi Pertumbuhan Premi Capai 13%

25 Aug 2015, 09:45


Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memperkirakan pertumbuhan pendapatan premi bruto industri asuransi umum hingga akhir 2015 akan mencapai 13 persen (year on year/yoy).

"Kita asumsikan pertumbuhan 13 persen tersebut tercapai apabila proyek infrastruktur pemerintah berjalan, karena kami melihat anggarannya cukup besar dan diharapkan berjalan pada semester II-2015," kata Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor, saat jumpa pers, di Kantor AAUI, Jakarta, Senin (24/8/2015).

Menurut Julian, yang menjadi kunci meningkatnya pertumbuhan industri saat ini adalah pertumbuhan ekonomi. Apabila pemerintah mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di semester II-2015 dengan lebih baik, maka industri-industri termasuk industri asuransi juga akan bertumbuh.

"Target pertumbuhan asuransi bisa tercapai kalau target pertumbuhan pemerintah 5,5 persen bisa tercapai. Kalau itu tidak terealisir, bisa jadi di bawah target itu (di bawah 13 persen)," ujar Julian.

Julian berharap, lini usaha Kendaraan Bermotor dapat memberikan kontribusi pendapatan premi lebih baik dibandingkan semester I-2015 seiring dengan adanya ajang pameran kendaraan bermotor yang cukup besar saat ini.

"Biasanya ajang pameran kendaraan bermotor membukukan penjualan yang cukup tinggi dan tentunya itu juga akan mendongkrak premi," ujar Julian.

Sementara itu untuk klaim sendiri, Julian menuturkan, sepanjang tidak ada klaim katastropik (klaim akibat bencana), maka klaim asuransi diperkirakan akan berjalan secara proporsional.

"Kami melihat, sepanjang tidak ada klaim katastropik, pertumbuhannya akan proporsional. Namun kami juga waspadai peningkatan klaim dari properti dan alat berat yang banyak dipakai di industri pertambangan yang sedang drop bisnisnya," pungkas Julian. 
ABD
Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/08/24/161567/akhir-2015-aaui-prediksi-pertumbuhan-premi-capai-13