Aku rutin melakukan perjalanan, baik domestik maupun internasional, menggunakan maskapai Indonesia.

12 Apr 2016, 13:44

Aku rutin melakukan perjalanan, baik domestik maupun internasional, menggunakan maskapai Indonesia. (Kecuali untuk rute-rute tertentu, menggunakan jasa maskapai sky team yang lain). Memang sudah seharusnya kita bangga menggunakan produk dan jasa dalam negeri, begitu prinsip yang selalu Aku jaga. Maskapai kita ini cukup baik dalam memperlakukan pelanggannya. Merekapun memberikan santunan dalam beberapa kejadian terkait penerbangan: kehilangan bagasi, kecelakaan dan lain-lain.

Jujur, Aku tadinya tertarik untuk berasuransi di perusahaan ini, mengingat jadwal perjalananku yang kerap tadi. Namun, akhirnya kami tunda, karena beberapa sudah ada dalam jaminan yang disediakan maskapai bagi pemegang executive card, bahkan manfaat tadi diberikan sampai dengan Rp 1 Miliar selama satu tahun penuh.

 

Jawaban :

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih, telah bersilaturrahmi kepada kami melalui website ini. Kami pun amat mengapresiasi himbauan Ibu untuk menggunakan produk dan jasa dalam negeri. Hal ini penting mengingat Industri jasa keuangan (termasuk asuransi) pun akan segera berhadapan dengan era perdagangan bebas ASEAN. Dan kita memang perlu menguatkan sendi-sendi kecintaan pada komoditas lokal. Sebagai salah satu perusahaan asuransi yang murni dimiliki pemegang saham dalam negeri, kami sendiri pun tentu berharap lebih banyak lagi berkontribusi melindungi kepentingan-kepentingan nasional. (Maaf pula sebelumnya, jika atas e-mail Ibu kami telah lakukan pengeditan).

Terkait dengan pengadaan ‘jaminan asuransi’, ada beberapa yang perlu kami sampaikan, merujuk pada regulasi yang berlaku:

  1. Pengadaan jaminan asuransi disediakan oleh perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi adalah badan hukum yang memberikan jasa dalam penanggungan risiko yang dihadapi oleh tertanggung sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang perasuransian. Dengan demikian, sebagai perusahaan yang tidak bergerak dalam bidang asuransi, maskapai nasional tadi harus bekerjasama dengan perusahaan asuransi agar dapat menyediakan jaminan asuransi bagi pelanggan-pelanggannya. Hal ini dinyatakan dalam dokumen perjanjian kerjasama (PKS) dan polis asuransi.
  2. Perusahaan asuransi diperkenankan untuk memasarkan produk, setelah produk itu dilaporkan/dimintai persetujuannya kepada regulator. Di dalam permohonan izin tadi, juga dicantumkan hitungan kecukupan preminya. Perusahaan tidak diperkenankan menjual produk di luar ketentuan yang dimohonkan (misalnya; premi yang terlalu murah dibanding luas jaminan), karena akan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memenuhi klaim.

Sebagai tambahan, kami sampaikan bahwa untuk jaminan terhadap traveler, yang umum diberikan adalah dengan:

  1. Produk Asuransi Kecelakaan Diri atau,
  2. Produk Asuransi Travel.

Asuransi Kecelakaan diri biasanya diberikan untuk jangka waktu tertentu (tahunan), dan premi dibayarkan tahunan. Sedangkan dalam Asuransi Travel biasanya diberikan untuk satu kali perjalanan atau  satu kali perjalanan pergi-pulang (PP), premi dibayarkan per perjalanan tadi.

Sebagai bahan pertimbangan Ibu, kami mohon agar dapat dipelajari kembali Syarat dan Kondisi dalam pertanggungan dimaksud, termasuk kewajaran premi, apabila biaya dimaksud menjadi beban Ibu sebagai penumpang. Jika ragu, Ibu dapat langsung bertanya kepada maskapai dimaksud, tentunya dengan penyertaan contoh-contoh pemenuhannya saat muncul hak klaim.  Hal ini semata-mata untuk memastikan pemenuhan hak-hak pelanggan.

Tulis Komentar

Komentar