ALTERNATIF PEMBIAYAAN: Otoritas Dorong Asuransi Garap Bisnis Gadai Polis

10 Aug 2015, 10:20


Bisnis.com, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan akan mendorong perusahaan asuransi menggarap bisnis gadai polis sebagai alternatif sumber pembiayaan.
 
Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menuturkan pinjaman polis merupakan upaya regulator memberi alternatif bagi masyarakat untuk melakukan pembiayaan selain dari perbankan maupun multifinance.
 
Menurut dia, perusahaan asuransi memiliki dana jangka panjang dan jenis usaha ini juga memungkinkan secara hukum. "Otoritas juga mengkaji aturan agar usaha ini juga dapat dilakukan oleh asuransi umum," kata Firdaus, di Jakarta yang dikutip Minggu, (9/8/2015).
 
Firdaus mengatakan bisnis ini harus didukung oleh kesiapan perusahaan asuransi. Pasalnya usaha ini memiliki risiko gagal bayar. Opsi pinjaman polis tertulis dalam kontrak asuransi jiwa. Namun tidak banyak nasabah yang memahami ataupun mempergunakan pinjaman polis tersebut.
 
Lebih lanjut, Firdaus menuturkan, dengan pinjaman polis perusahaan asuransi memiliki alternatif memperoleh return investasi yang lebih baik. Produk ini juga secara langsung akan menggerakan perekonomian. Produk asuransi jiwa yang bisa dipergunakan sebagai pinjaman polis adalah produk asuransi yang memiliki nilai tunai, seperti produk endownment atau whole life.
Sumber: http://finansial.bisnis.com/read/20150809/215/460648/alternatif-pembiayaan-otoritas-dorong-asuransi-garap-bisnis-gadai-polis