Apa yang harus dilakukan jika klaim yang keluar tidak sesuai dengan perjanjian?

Apa yang harus dilakukan jika klaim yang keluar tidak sesuai dengan perjanjian?

09 Jun 2015, 17:20

Jawab :

Sebelumnya terimakasih atas pertanyaan anda yang lugas. Alangkah lebih baik jika anda sempat menceritakan pengalaman yang melatarbelakangi pertanyaan ini sehingga kami dapat membantu anda menemukan titik selisih antara pemahaman anda sebagai konsumen asuransi dengan pemahaman industri asuransi pada umumnya.

Beberapa pertanyaan nasabah seringkali memang menunjukkan ketidaknyamanan mereka pada praktik pelayanan klaim oleh sebagian perusahaan asuransi.

Perlu anda ketahui bahwa seluruh pelaku industri asuransi tentu bersepakat untuk menegakkan reputasi yang baik di Industri ini, dengan pelayanan yang baik kepada nasabah sebagai ujung tombak-nya. Karena itu anda memang dapat mengharapkan lembaga-lembaga yang mengurus perasuransian untuk ikut membantu saat anda menerima perlakuan tidak adil terkait perasuransian.

Namun perlu pula kita sadari bahwa sebagaimana lazimnya yang terjadi dalam suatu perjanjian/kesepakatan, perselisihan dapat terjadi atas kekeliruan pemahaman akan hak dan kewajibannya baik yang berasal dari perusahaan asuransi maupun nasabah sebagai tertanggung asuransi.

Agar dapat memberikan jawaban yang berimbang, ada baiknya kita simak beberapa point berikut;

Pertama, sebagai pembeli jasa asuransi, Anda diberi kebebasan penuh untuk memilih kepada perusahaan asuransi mana anda akan mengikatkan diri, tentunya setelah anda pelajari track record perusahaan itu dalam pemenuhan kewajiban-kewajibannya (termasuk klaim). Anda dapat memanfaatkan informasi yang disajikan regulator (OJK), sarana sosialisasi resmi (misal : website) perusahaan asuransi itu, informasi yang dimiliki perusahaan asuransi lain (sejenis) maupun informasi antar nasabah.

Langkah pertama di atas diharapkan dapat meningkatkan kehati-hatian kita dalam memilah perusahaan yang benar-benar mampu pada saatnya untuk mengganti nilai kerugian yang kita alami. Perusahaan asuransi itu tentu haruslah resmi (diakui oleh regulator), memiliki produk yang kita butuhkan (memiliki izin) dan bereputasi baik.

Kedua, sebagai pembeli jasa asuransi, anda berhak meminta apa-apa yang anda ingin untuk dijamin, diberi penjelasan mengenai apa-apa yang dapat/tidak dapat diterapkan dalam perjanjian dan ditunjukkan pasal-pasalnya dalam naskah perjanjian. Anda juga dapat meminta untuk dituliskan sebagai tambahan apabila ketentuan tentang itu tidak tegas tercantum dalam naskah perjanjian standar.

Langkah kedua ini bermaksud meminta anda untuk mencermati hak dan kewajiban apa yang anda miliki/harus jalani selama pertanggungan asuransi. Jangan sungkan untuk menyatakan kebutuhan asuransi anda. Anda dapat mendeskripsikan keadaan klaim yang anda ingin untuk dijamin dan mintalah perwakilan perusahaan asuransi untuk men-simulasikan perhitungan klaim berikut asumsi pelaksanaan pembayarannya. Minta pula mereka untuk menunjukkan pasal-pasalnya dalam naskah perjanjian yang dapat anda jadikan landasan hukum nantinya. Jika tidak jelas diatur, andapun dapat meminta perwakilan perusahaan tersebut untuk menuliskannya sebagai tambahan dan melekatkannya sebagai bagian dokumen perjanjian.

Jika kedua langkah itu sudah anda laksanakan dengan baik (1. perusahaan yang dipilih baik, dan 2. dasar-dasar klaim dan sekilas penghitungannya sudah anda kuasai menunjuk pasal-pasal perjanjian), maka besar kemungkinan bahwa klaim anda akan dilayani sebagaimana seharusnya. Jika pun anda masih mengalami pelayanan klaim yang tidak sesuai dengan harapan (penolakan atau nilai penggantian lebih rendah), anda dapat menempuh prosedur berikut ;

  1. Mengajukan keberatan atas penolakan/nilai penggantian yang lebih rendah itu dalam jangka waktu tertentu (variatif bergantung jenis asuransinya) dengan menyebutkan alasan-alasannya.
  2. Apabila tidak tercapai kesepakatan atas nilai ganti rugi, dapat ditempuh salah satu dari penyelesaian berikut :
  • Arbitrase (majelis yang terdiri dari para arbiter (biasanya 3 orang = masing-masing 1 orang yang ditunjuk oleh tertanggung dan penanggung, dan 1 orang ketua yang dipilih oleh kedua arbiter pertama atau oleh ketua pengadilan negeri setempat)
  • Pengadilan Negeri setempat.

 

------------------------------------

 

Demikian saran yang dapat kami sampaikan. Sebagai tambahan, sekali lagi kami mengapresiasi langkah anda untuk berkonsultasi kepada kami. Selanjutnya, jika anda perlukan, anda dapat berkonsultasi lebih detail kepada kami untuk mencari langkah konkrit terkait permasalahan ini. Atau anda dapat melakukan cross-check kepada perusahaan asuransi lain sebagai bahan perbandingan, dengan senang hati setiap pelaku industri asuransi akan berusaha membantu anda.

Tulis Komentar

Komentar