Apakah mobil saya dapat secara langsung ke klaim di wilayah kejadian?

28 Jul 2017, 09:48

Pada saat libur lebaran, saya mudik ke kampung halaman. Kebetulan saya tidak menggunakan mobil yang saya punya. Mobil saya pinjamkan kepada tentangga yang kebetulan dapat menggunakan kendaraan tersebut untuk sampai ke kampung halamannya. Setelah sampai dikampung halamannya, ternyata mobil yang saya pinjamkan mengalami kerusakan yang cukup parah di bagian depan. Teman saya melaporkan kepada saya lengkap dengan foto dan info terjadinya peristiwa tersebut.

Yang saya ingin tanyakan, apakah mobil saya dapat secara langsung ke klaim di wilayah kejadian, kebetulan kejadianya di kota Surabaya?

Jawab :

Sebelumnya terima kasih atas pertanyaan Bapak. Masih dalam suasana Iedul Fitri, izinkan kami, keluarga besar PT Asuransi Bangun Askrida, mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Bathin, semoga amal ibadah kita diterima Tuhan YME.

Menjawab email Bapak, sekaligus mengingatkan kepada tertanggung asuransi pada umumnya, izinkan kami menyampaikan jawaban dengan mengingat kembali beberapa ketentuan sebagaimana terdapat pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia/PSAKBI (polis ini umumnya disertakan bersama dokumen asuransi kendaraan bermotor yang Bapak beli).

A. Pasal 1 tentang Jaminan Kendaraan Bermotor, bahwa (secara ringkas) yang dijamin adalah :

  1. Kerugian/kerusakan yang secara langsung disebabkan oleh : a) tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok; b) perbuatan jahat; c) pencurian; d) kebakaran, dan
  2. Kerugian/kerusakan sebagaimana ayat 1, yang terjadi selama Kendaraan Bermotor berada di atas kapal penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

B. Pasal 3 tentang Pengecualian, khususnya ayat 4. Bahwa tidak dijamin kerugian/kerusakan akibat :

  1. Tindakan sengaja,
  2. Pengemudi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi,
  3. Pengemudi di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang,
  4. Dikemudikan secara paksa, saat kendaraan tidak laik jalan,
  5. Melalui areal terlarang kendaraan bermotor atau melanggar rambu lalu lintas

Berdasarkan pasal 1 dan 3 di atas, maka apabila kendaraan Bapak mengalami  kerugian/kerusakan akibat salah satu peristiwa di atas, dan tidak berkaitan dengan pengecualian yang disebutkan, maka kerugian dimaksud telah memenuhi unsur untuk dapat diproses klaimnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan Luas Pertanggungan, biasanya dalam polis kendaraan bermotor disediakan opsi berikut untuk Bapak pilih :

  1. TLO  (Total Loss Only), dan
  2. Comprehensive.

Dalam hal luas pertanggungan TLO, tertanggung hanya dapat mengajukan klaim asuransi pada saat kendaraannya mengalami kerusakan/kerugian lebih dari atau sama dengan 75% (tujuh puluh lima persen) dari harga sebenarnya.

Berbeda dengan luas pertanggungan Comprehensive, yang memungkinkan tertanggung untuk dapat mengajukan klaim asuransi pada setiap kejadian, tanpa melihat besaran nilai kerugian/kerusakan.

Pada kedua jenis pertanggungan berlaku risiko sendiri (ditanggung oleh tertanggung), misalnya Rp 300.000,- per kejadian kerusakan/kerugian dan 10% dari harga pertanggungan untuk risiko pencurian.

Terakhir, berkaitan dengan pertanyaan Bapak seputar Wilayah Pertanggungan. Berdasarkan Pasal 5 PSAKBI, yang menyatakan bahwa ”Pertanggungan ini berlaku di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia”, maka selama kejadian berlangsung di mana saja di wilayah NKRI, maka kejadian dimaksud layak untuk dapat diproses klaimnya.

Apakah Bapak dapat melakukan klaim langsung di wilayah kejadian? (padahal polis Bapak diterbitkan di wilayah lain?). Pada prinsipnya, tentu saja bisa. Namun hal ini sangat bergantung pada ketersediaan jaringan kantor operasional perusahaan tempat Bapak berasuransi, atau jaringan Bengkel Rekanan mereka, di wilayah kejadian. Demi efisiensi, mereka tentu akan melakukan pelayanan klaim dari jaringan terdekat. Bapak dapat mengontak mereka untuk memastikan hal tersebut.

Karena itu menjadi penting untuk mengetahui seberapa luas jaringan kantor operasional dan bengkel rekanan suatu perusahaan asuransi, sebelum memutuskan untuk membeli jasa mereka.

Tulis Komentar

Komentar