Apakah Penting Membeli Asuransi Ruko?

01 Nov 2017, 14:25

Seperti yang sudah kita ketahui, ruko adalah salah satu tempat yang sangat penting bagi pemiliknya. Ruko merupakan tempat yang multifungsi. Selain dapat digunakan untuk tempat usaha, ruko juga dapat digunakan sebagai tempat tinggal. Karena tempat yang satu ini sangat penting bagi pemiliknya, terutama dalam memberikan penghasilan usaha, maka ada banyak perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi ruko.

Tetapi apakah memang penting untuk membeli asuransi ruko?

Asuransi Ruko

Asuransi ruko (rumah toko) merupakan bagian dari asuransi properti, karena ruko termasuk properti juga. Asuransi untuk tempat usaha seperti ruko sangat berguna untuk melindungi aset ruko dari masalah seperti kerusakan, kebakaran, banjir, bencana alam, dan lain-lain. Sama seperti asuransi rumah, asuransi ruko juga menggunakan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Aturan polis ini diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

PSAKI diterbitkan untuk menyeragamkan polis standar asuransi properti yang digunakan perusahaan-perusahaan asuransi. Dengan demikian, antara satu perusahaan dan perusahaan lain tidak berbeda-beda dalam menetapkan polis standar.

Paket jaminan yang biasanya ditawarkan untuk asuransi ruko adalah asuransi properti all risk. Paket tersebut melindungi obyek secara menyeluruh, antara lain:

  • Kerusuhan/huru-hara/pemogokan/perbuatan jahat,
  • Banjir/kerusakan akibat air/angin topan/badai,
  • Gempa bumi/letusan gunung api/tsunami,
  • Tanah longsor/pergerakan tanah.

Sama seperti asuransi properti pada umumnya, jaminan risiko terhadap ruko bisa diperluas atau digabungkan dengan paket yang menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam rumah. Jadi, tidak hanya bangunan yang dilindungi, tetapi juga barang-barang berharga di dalamnya, seperti perhiasan dan benda koleksi.

Setelah mengetahui apa itu asuransi ruko dan apa saja yang dilindungi oleh asuransi ruko, pertanyaannya apakah penting untuk membeli asuransi ruko ini?

Jika ruko Anda digunakan sebagai tempat untuk usaha dan Anda mendapatkan penghasilan dari ruko Anda, maka ruko Anda akan menjadi sumber utama penghasilan Anda. Coba bayangkan apa yang terjadi jika sumber penghasilan utama Anda mendadak berhenti?

Misalkan saja, ruko tersebut terkena musibah kebakaran atau kebanjiran. Tentu saja sumber penghasilan akan berhenti dan tidak ada lagi dana yang masuk. Sedangkan biaya hidup akan tetap berjalan, belum lagi biaya untuk mereparasi ruko karena ruko harus beroperasi kembali. Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan terhadap risiko tersebut, sehingga kita tidak menanggung risiko kerugian itu sendirian apabila terjadi sesuatu pada ruko yang kita miliki.

Pada saat kita mempunyai asuransi ruko, saat ruko terkena musibah, kita akan mendapatkan ganti rugi secara finansial. Tidak hanya itu, dengan mengacu pada polis, kita juga dapat terbebas dari biaya pembersihan puing, arsitek, dan surveyor untuk merenovasi ruko tersebut.

Manfaat-manfaat tersebut kita peroleh tergantung pada polis yang kita beli. Umumnya polis berlaku untuk periode asuransi selama 1 tahun dan dapat diperpanjang kemudian. Karena itu, kita harus memastikan polis telah sesuai dengan kebutuhan kita.

Adapun premi yang harus dibayar tergantung pada tingkat risiko. Semakin tinggi risiko, semakin tinggi pula premi. Banyak orang sering berpendapat bahwa asuransi ruko mahal harganya. Padahal jika dihitung, perbaikan dan kerugian akibat properti yang tidak diasuransikan akan jauh lebih mahal daripada harga dari premi asuransi itu sendiri.

Dengan mengambil asuransi ruko, kita bisa lebih nyaman tinggal di dalam hunian. Begitu juga saat harus meninggalkan hunian dalam jangka waktu tertentu. Sebab, kita sulit menduga kapan musibah akan melanda hunian kita.

Di sinilah asuransi ruko memiliki peran penting. Asuransi bertujuan untuk membagi risiko. Oleh karena itu, gunakan asuransi agar Anda tidak menanggung risiko yang besar itu sendirian.

Sumber : finansialku.com/membeli-asuransi-ruko