Askrida Dapat Tambahan Modal Rp32,5 Miliar

29 Sep 2016, 08:31

PADANG, HALUAN—Perusahaan Daerah PT Bangun Askrida akan mendapat tambahan modal dari APBD Sumbar sebesar Rp32,5 miliar. Saat ini, DPRD Sumbar tengah menyusun Perda untuk rencana tersebut.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim, Senin (26/9), di Padang mengatakan, penambahan modal dilakukan karena Askrida memberikan deviden yang cukup besar bagi kas daerah.

“Jadi memang sangat layak BUMD ini menerima tambahan modal,” ujar Hendra Irwan Rahim.

Tahun 2015, Askrida juga memberikan tambahan pendapatan untuk kas provinsi  sekitar 51 persen dari nilai penyertaan modal yang diberikan pemerintah. Dalam hal ini, Askrida menjadi penyumbang terbesar dari keseluruhan penyertaan modal yang dilakukan pemerintah provinsi.

Tak hanya itu, Askrida juga telah diperiksa. Hasil pemeriksaan membuktikan BUMD tersebut sehat dan memiliki potensi menjanjikan. Ini terlihat dari tingkat pertumbuhan perusahaan mencapai 20,4 persen per tahun. Angka itu jauh di atas rata-rata pertumbuhan perbankan dan asuransi nasional.

“Tambahan modal Rp32,5 miliar itu untuk pengembangan unit bisnis asuransi syariah Askrida. Asuransi syariah dipilih karena dinilai menjanjikan dan sedang berkembang di Indonesia,” katanya.

Wakil Ketua Balegda DPRD Sumbar, Hidayat menyebut, Perda untuk penambahan modal Askrida layak segera disusun.

Sementara Sekdaprov Ali Asmar mengatakan, modal Askrida memang harus segera ditambah. Alasannya, bukan hanya karena Perusda tersebut berada dalam kondisi sehat. Tapi juga sebagai upaya mempertahankan posisi pemerintah sebagai pemegang saham pengendali.

Dipaparkannya, Askrida terakhir mendapat tambahan modal pada 2014 sebesar Rp32,39 miliar. Sejak saat itu belum pernah lagi diberikan tambahan modal. (h/len)

askrida | Sumber : harianhaluan.com/news/detail/60299/askrida-dapat-tambahan-modal-rp325-miliar