Asuransi bidik bank BUKU 1 dan 2

07 Dec 2016, 14:10

Perusahaan asuransi diperkirakan akan semakin agresif menggaet perbankan dalam memasarkan produk asuransi. Tidak hanya menggandeng bank besar, peluang kerja sama terbuka lebar dengan bank berskala kecil dan menengah.

Hendrisman Rahim, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mengatakan, jalur pemasaran melalui bank atau bancassurance merupakan jalur yang besar dan luas. Saat ini, mitra bancassurance lebih banyak menyasar pada bank umum kegiatan usaha (BUKU) 4. Nantinya, kerja sama ini juga akan membidik BUKU 1 dan 2.

"Ke depannya, BUKU 1 dan 2 akan dijangkau oleh perusahaan asuransi. Banyaknya bank yang akan melakukan bancassurance maka akan meningkatkan pendapatan asuransi tahun depan," terang Hendrisman.

Berdasarkan data AAJI per September 2016, total pendapatan perusahaan asuransi sebanyak Rp 158,65 triliun. Angka ini tumbuh 78,1% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini didukung oleh total pendapatan premi yang meningkat 15,1% menjadi Rp 116,06 triliun. Sementara pada periode yang sama, jumlah tenaga pemasar dari saluran bancassurance melambung 70% menjadi 26.020 orang dibandingkan September 2015.

askrida | Sumber : keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-bidik-bank-buku-1-dan-2