Asuransi Bisa Diminta Tagih Kerugian Pada Penabrak

21 Sep 2016, 19:25

Bagi Anda yang memiliki asuransi kendaraan bermotor. Terdapat beragam macam perlindungan yang dapat dipilih. untuk melindungi kendaraan anda secara menyeluruh, layanan tambahan dapat dipilih. salah satunya asuransi tipe perluasan yang meliputi kecelakaan akibat pihak ketiga.

Maksud pihak ketiga d sini yakni apabila Anda mengalami kecelakaan ditabrak orang lain. Hak untuk menagih pihak ketiga dapat dilakukan oleh pihak asuransi sebagai penanggung.

Kebijakan ini diatur dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) yang berlaku secara nasional. Dalam bab 5 mengenai syarat umum, pasal 22 subrogasi dikatakan bahwa penanggung (penyedia layanan asuransi) dapat menggantikan posisi tertanggung dalam hal hak penuntutan terhadap pihak ketiga.

Namun, apabila kecelekaan disebabkan oleh si pemilik asuransi, penyedia layanan juga dapat melakukan pertanggungjawaban terhadap kerusakan yang dialami pihak keriga. Hal ini berlaku apabila sang pemilik asuransi mengambil pilihan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak keriga.

Asuransi akan cover sampai biaya rumah sakit. Tapi nominalnya tentu ada hitungannya. Kalau penggantian tidak sampai menutup, maka si pemilik asuransi yang harus membayar sendiri kekurangannya.

askrida | Sumber : www.otosia.com/berita/asuransi-bisa-diminta-tagih-kerugian-pada-penabrak.html