Asuransi Industri Keuangan 'Senyap', Kepala OJK Kalbar Ajak AAUI Bangkitkan Kesadaran Masyarakat

27 Dec 2018, 14:09

Peran asuransi sebagai industri keuangan di tengah masyarakat dinilai menjadi sesuatu yang sangat penting. Namun, industri keuangan satu ini dinilai masih jadi industri keuangan yang 'senyap'. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala OJK Kalbar, Mochamad Riezky F Purnomo, saat berikan sambutan dalam acara Sharing Sessions Property Insurance bersama AAUI Kalbar, di kantor OJK Kalbar, Selasa (18/12/2018).

"Senyap itu artinya kita semua sudah ikut premi asuransi, tapi tidak terlalu terekspos," ujar orang nomor satu di lingkungan OJK kantor Perwakilan Kalbar itu.

Ia mencontohkan, banyak masyarakat yang sudah ikut asuransi namun 'tak sadar'. Contoh sederhananya adalah para pemilik kendaraan bermotor.

Pemilik kendaraan bermotor, secara otomatis sudah menjadi peserta asuransi. Khususnya asuransi kecelakaan dan sejenisnya saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotornya.

Demikian juga dengan asuransi kesehatan. Contoh lainnya adalah kredit pemilikan rumah atau KPR, di mana biasanya setiap akad transaksi KPR sudah dilengkapi dengan asuransi seperti dari resiko kebakaran dan sebagainya.

Karenanya, ia menilai penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya asuransi dan bagaimana berasuransi secara baik menjadi hal penting. Perlu dilakukan semua pihak terkait.

"Karenanya, perlu kita lakukan sosialisasikan lebih giat. Sekaligus bangkitkan kesadaran masyarakat pentingnya berasuransi," pungkasnya.

Sumber : pontianak.tribunnews.com/2018/12/18/asuransi-industri-keuangan-senyap-kepala-ojk-kalbar-ajak-aaui-bangkitkan-kesadaran-masyarakat