Asuransi Kini Incar Pelaku Usaha Rental Mobil

23 May 2016, 15:46

Maraknya bisnis rental mobil di Kalsel berpotensi menjadi lahan basah bagi perusahaan penyedia asuransi kerugian. Betapa tidak, bisnis rental mobil termasuk usaha yang berisiko tinggi, yakni risiko pencurian dan kerusakan.

Untuk itu, mobil sebagai aset utama bisnis rental mobil perlu diberikan perlindungan. Nah, di celah inilah perusahaan asuransi kerugian mencoba masuk dan menawarkan produk asuransinya.

Hal ini diakui oleh Djun, supervisor sebuah perusahaan asuransi kerugian di Banjarmasin. Dikatakan Djun, sebagian besar kliennya adalah para pemilik bisnis rental mobil. ”Setidaknya, saya pegang enam usaha rental mobil yang ada di Banjarmasin. Ke depan masih ada beberapa rental mobil lainnya yang diprediksi akan masuk prospek asuransi kerugian yang saya tawarkan,” ungkap Djun.

Djun menjelaskan kebanyakan para pemilik bisnis rental mobil mengaku khawatir akan tingginya risiko bisnis ini. ”Mereka khawatir mobil yang direntalkan dibawa kabur atau hilang dicuri. Karena, tahun lalu angka pencurian mobil rental tergolong tinggi, tidak ingin mengalami kejadian tersebut, mereka memastikan untuk menggunakan asuransi kerugian. Belum lagi risiko kecelakaan dan kerusakan,” paparnya.

Dikatakan Djun, asuransi kerugian yang ditawarkannya cukup beragam dan dibedakan berdasarkan kelas-kelas yang berbeda. ”Semakin tinggi premi yang dibayarkan, semakin kuat dan lengkap pula proteksi yang diberikan. Biasanya, para pemilik rental mobil mengambil premi menengah, yakni di kisaran Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan per bulan per satu unit mobil,” tambahnya.

Sementara itu, H Saidi, pemilik sebuah rental mobil di Banjarmasin menuturkan tidak merasa was-was karena sudah mengasuransikan mobil-mobilnya. ”Dulu saya pernah kehilangan satu mobil gara-gara dibawa lari penyewa yang tidak bertanggung jawab. Sekarang, dengan menggunakan asuransi kerugian, apabila mobil saya dicuri, maka bisa diklaim dan dapat ganti rugi unit baru dari perusahaan asuransi,” tandasnya.(oza)

Askrida | Sumber : http://kalsel.prokal.co/read/news/3270-asuransi-kini-incar-pelaku-usaha-rental-mobil