Asuransi Pertanian Mulai Dinikmati

23 May 2018, 08:03

Mulai tahun ini para petani khususnya petani padi di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu, mulai menikmati asuransi pertanian. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Akhmad Rifai SP. ” Tahun ini asuransi untuk petani kita mulai dan bisa dinikmati oleh petani,” terang Rifai.

Dijelaskan Rifai, asuran pertanian ini merupakan asuransi yang disubsidi oleh pemerintah pusat dengan nama program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Dimana dengan adanya asuransi ini para petani tidak mengalami kerugian apabila gagal panen yang disebabkan oleh serangan hama maupun bencana alam.

“Dengan adanya asuransi ini, kita berharap petani kita tidak rugi meskipun gagal panen karena bencana alam maupun gangguan hama penyakit,” tambah Rifai.

Karena AUTP ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat, maka menurut Rifai petani yang ingin mendapatkan program ini harus tergabung dalam kelompok tani. Karena saat ini setiap bantuan untuk petani, petani yang mendapat bantuan tersebut harus tergabung dalam kelompok tani.

“Syarat lainnya adalah satu orangnya maksimal memiliki lahan 2 hektar,” jelas Rifai.

Dalam asuransi ini, premi yang harus dibayarkan petani per hektarnya adalah Rp 180 ribu, namun karena disubsidi oleh pemerintah maka petani cukup membayar Rp 36 ribu per hektarnya. Untuk klaim asuransinya sendiri menurut Rifai bisa mencapai Rp 6 juta. Hanya saja bila nanti kerusakan yang terjadi kurang dari luas lahan yang diasuransikan maka akan dihitung berdasarkan kerusakannya saja.

“Ganti rugi untuk tanaman padi petani itu diberikan apabila mereka mengalami gagal panen dengan kerusakan mencapai 75 persen setiap hektarenya,” terang Rifai.

Untuk kuota yang AUTP di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Rifai Kabupaten Rejang Lebong memiliki jatah kuota untuk 1.000 hektar lahan pertanian padi. Oleh karena ia mengimbau kepada para petani yang ingin mendapatkan asuransi ini untuk segera mendaftar ke Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong.

“Untuk yang mau mendapatkan asuransi ini, silahkan datang ke Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong,” tutup Rifai.(251)

Sumber : bengkuluekspress.com/asuransi-pertanian-mulai-dinikmati