Asuransi Tanggung Mobil Rusak Kena Bom, Ada Tapinya

04 Jun 2018, 08:04

Aksi teror kembali terjadi di Indonesia. Kota Surabaya kali ini menjadi sasarannya. Ledakan bom terjadi di tiga gereja dan menewaskan 11 orang. Kendaraan bermotor jemaat yang terparkir mengalami kerusakan.

Kali ini, serangan terjadi di Markas Polrestabes Surabaya. Berdasarkan informasi, ada anggota polisi dan warga telah menjadi korban. Sepeda motor juga ada yang terbakar namun tak diketahui berapa jumlahnya.

Menyusul hal tersebut, perlu diketahui apakah mobil maupun dan sepeda motor yang terkena ledakan bom tersebut bisa ditanggung kerusakannya oleh asuransi.

Head of Communication & Event salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, Laurentius Iwan Pranoto, mengatakan kendaraan yang rusak akibat ledakan bom bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun ada beberapa catatan yang harus dipenuhi oleh pemiliknya.

"Pastikan polis asuransi mobil ada perluasan jaminan atas risiko terorisme," ujar Iwan dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, asuransi yang belum atau tidak diperluas dengan jaminan risiko tersebut tak bisa ditanggung kerusakannya oleh asuransi. Oleh sebab itu menurutnya, pemilik kendaraan harus memastikan soal jaminannya terlebih dahulu.

"Pastikan pemilik telah mengajukan suatu permohonan tertulis, yang menjadi dasar dan merupakan bagian tak terpisahkan dari polis ini. Maka pihak asuransi akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian atau kerusakan yang dipertanggungkan," kata dia.

Sumber : viva.co.id/otomotif/1035969-asuransi-tanggung-mobil-rusak-kena-bom-ada-tapinya