Asuransi TLO dan Comprehensive, Apa Bedanya?

09 Sep 2016, 08:11

Bicara asuransi adalah bicara menjaga aset, salah satu aset yang dimaksud adalah kendaraan yang kita miliki. Kebanyakan orang membeli kendaraan dengan cara kredit, dan biasanya kredit kendaraan sudah dilengkapi dengan asuransi. Hanya saja banyak yang tidak mengerti jenis kredit yang nempel pada kredit mereka seperti apa. Ini yang harus dipahami.

Jenis asuransi kendaraan ada dua, pertama Total Loss Only atau dikenal dengan TLO, dan kedua adalah Comprehensive. "Salah kaprah dalam hal ini, banyak yang menyebut all risk. Di dalam asuransi tidak pernah ada namanya all risk, yang ada cuma Total Loss Only dan Comprehensive," sebut Bangun Pambudi akhir Agustus lalu di Jakarta.

Disebutkan Bangun Pambudi, biasanya kalau mobil kredit, pada tahun pertama leasing memaketkan kredit dengan asuransi yang jenisnya Comprehensive. Masuk tahun berikutnya berjenis TLO. "Tujuannya biar bisa lebih murah. Namun hal ini yang kadang-kadang tidak disadari oleh konsumen," jelasnya.

Bicara perbedaan antara kedua jenis asuransi ini, Bangun mengatakan sangat beda. Comprehensive menanggung kerugian akibat kerusakan sebagian (partial loss) atau kerusakan dan kehilangan total (total loss). "Ini artinya segala bentuk kerugian akan dicover. Mobil tergores saja masih bisa di cover, kalau bentuknya Comprehensive," terang Bangun.

Bedanya dengan TLO, pertanggungan hanya terbatas pada kehilangan dan juga penggantian biaya perbaikan kalau jumlahnya mecapai lebih dari 75 persen harga pertanggungan (kendaraan yang diasuransikan). "Kalau mobil kecelakaan dan hanya mengakibatkan penggantian tidak lebih dari 75 persen harga mobil, maka tidak akan di cover. Tergores atau lecet dengan biaya penggantian hanya Rp 500 ribu, maka ini menjadi tanggungan konsumen, bukan pihak asuransi," pungkasnya.

Jadi, kalau kredit mobil dan ada asuransinya, mohon dibaca baik-baik Polis-nya yaaaa? (Zie)

askrida | Sumber : mobilinanews.com/post/asuransi-tlo-dan-comprehensive-apa-bedanya