Asuransi umum bayar klaim Rp 28,7 triliun

07 Mar 2016, 07:30

JAKARTA. Pembayaran klaim yang dilakukan industri asuransi umum pada tahun lalu meningkat sebesar 22,2% secara year on year (yoy). Asosiasi Asuransi Umum Indonesia alias AAUI menilai, pertumbuhan ini masih dalam tahap wajar.

Pada 2014, asosiasi mencatat pembayaran klaim mencapai Rp 23,5 triliun. Angka ini lalu meningkat jadi Rp 28,7 triliun pada 2015.

Ketua AAUI Yasril Y Rasyid mengatakan, pertumbuhan klaim pada tahun lalu lebih disebabkan beberapa lini binis tertentu. "Seperti klaim pesawat AirAsia dan Trigana Air yang memang cukup besar," katanya, Selasa (1/3).

Selain itu, faktor pelemahan nilai tukar rupiah juga ikut mendorong besaran klaim yang harus ditanggung pelaku usaha. Utamanya dari pertanggungan yang menggunakan mata uang dollar atau komponen yang masih harus didatangkan secara impor.

Secara komposisi, lini bisnis asuransi kendaraan memakan porsi klaim paling banyak di 2015. Dari lini bisnis ini, kontribusi klaimnya mencapai 27,5% dari keseluruhan klaim yang dibayar pelaku asuransi umum. Di belakangnya ada asuransi properti dengan sumbangan sebesar 23,5%. Diikuti oleh asuransi kesehatan dan asuransi kredit masing-masing sebesar 11,9% dan 7,6%.

Pertumbuhan klaim yang terjadi juga ikut meningkatkan klaim rasio di industri asuransi umum secara keseluruhan. Klaim rasio di 2014 tercatat masih sebesar 42,6%, namun meningkat di tahun lalu jadi 48,8%.


Sumber: http://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-umum-bayar-klaim-rp-287-triliun