Asuransi umum berharap pada bisnis surety

11 Sep 2017, 09:14

Bisnis asuransi umum bisa dibilang menghadapi tantangan tak ringan di tahun ini. Ini terlihat dari pertumbuhan pasar yang masih memble.

Dari sejumlah lini bisnis yang cukup terpukul, asuransi penjaminan menjadi lini usaha yang masih diharapkan bisa menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini tak lepas dari masih berjalannya proyek-proyek infrastruktur.

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna menyebut lini usaha asuransi penjaminan alias suretyship masih punya potensi tumbuh seiring dengan peningkatan proyek infrastruktur yang terus digenjot oleh pemerintah.

Baik itu yang memakai anggaran pemerintah pusat maupun daerah. "Proyek infrastruktur di semester kedua ini diharapkan bisa lebih besar dibandingkan dengan semester I," kata dia.

Dengan begitu, hal ini diharapkan bisa berefek domino terhadap kinerja di lini suretyship hingga akhir tahun nanti.

Tentunya pelaku usaha berharap besar dari lini bisnis ini. Mengingat di awal tahun ini lini usaha tersebut berhasil menunjukkan kinerja yang terbilang menggembirakan.

AAUI mencatat pendapatan premi lini bisnis suretyship pada tiga bulan pertama tahun ini mencapai angka Rp 363,26 miliar. Bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, premi dari lini bisnis ini mengalami pertumbuhan sekitar 19,8%.

Ke depan, proyek-proyek infrastruktur masih menjadi prioritas dalam rencana kerja pemerintah. Seiring dengan hal tersebut, prospek dari lini usaha ini pun diharapkan ikut kecipratan berkahnya.

Sumber : keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-umum-berharap-pada-bisnis-surety