Asuransi umum diramal naik 13% sampai akhir tahun

18 Nov 2015, 10:20

JAKARTA. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memperkirakan tren perlambatan pertumbuhan premi bakal berlanjut sampai penghujung 2015 nanti. Namun sejumlah prospek bisnis dinilai bisa mendorong pertumbuhan lebih tinggi di kuartal IV ini.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor memperkirakan hingga akhir tahun nanti pertumbuhan asuransi umum di dalam negeri bisa menembus 12% sampai 13% dibanding realisasi 2014. Angka pertumbuhan ini lebih tinggi dari capaian hingga September yang pertumbuhannya baru sebesar 10%.

Sejumlah faktor yang dinilai bisa dimanfaatkan oleh industri di tiga bulan terakhir tahun ini adalah data historis yang kerap menunjukkan tren pertumbuhan premi bisanya lebih kencang tiap mendekati akhir tahun. Termasuk didorong oleh renewal beberapa polis.

Ditambah lagi gelaran pilkada serentak diyakini bakal mendorong perekonomian di daerah. Secara tak langsung hal ini bisa mengerek pertumbuhan premi di daerah-daerah tersebut.

Di kuartal keempat pula, dia bilang government spending biasanya akan ikut meningkat. Diantaranya dengan mengebut sejumlah proyek yang bisa ikut berimbas positif bagi perolehan premi industri.

Kondisi kurs dolar juga diharapkan akan makin stabil di triwulan IV ini. "Bila dolar stabil daya beli kendaraan bisa meningkat dan ikut mendorong premi asuransi kendaraan yang selama ini porsinya besar bagi total premi," kata Julian, Senin (16/11).

Di tahun lalu sendiri premi yang dikumpulkan industri asuransi umum mencapai Rp 56,1 triliun. Artinya dengan proyeksi di atas premi yang bisa diraup sampai akhir Desember nanti berkisar Rp 62,8 triliun sampai Rp 63,3 triliun.

Namun tetap saja dampak perlambatan ekonomi membuat proyeksi pertumbuhan di atas lebih rendah dibanding capaian 2014. Dibanding realisasi 2013, premi yang dicatat tahun lalu mengalami kenaikan sebesar 17,9%.


Reporter Tendi Mahadi 
Editor Hendra Gunawan

Sumber: http://keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-umum-diramal-naik-13-sampai-akhir-tahun