Asuransi umum disebut belum maksimal manfaatkan sektor ritel

30 May 2018, 14:29

Pasar asuransi umum saat ini masih didominasi oleh segmen korporat. Padahal, potensi yang ada di segmen ritel dinilai masih sangat besar untuk dimanfaatkan.

Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna mengakui untuk saat ini porsi pasar ritel masih berada di bawah 20% dari total bisnis asuransi umum. Beberapa faktor dinilai masih menjadi alasan.

Diantaranya adalah kebutuhan terhadap produk asuransi itu sendiri. Pasalnya Sebagian besar dari produk asuransi kerugian yang ada saat ini memang lebih dibutuhkan oleh segmen korporat.

Faktor lainnya adalah dari jumlah preminya sendiri. Nilai pertanggungan di pasar korporat tentunya lebih besar dari pasar ritel. Hal ini tentu berdampak pada besaran premi yang didapat pelaku usaha asuransi yang akan lebih besar saat menggarap pasar korporat.

"Namun di sisi lain, masih besarnya pasar ritel yang belum digarap juga makin mendorong industri untuk makin memenetrasi pasar ini," kata dia, Kamis (26/4).

Karena itu, sejumlah perusahaan asuransi umum yang selama ini banyak berbisnis di segmen korporat pun dinilai mulai melirik pasar ini. Terlebih potensi peningkatan daya beli masyarakat di tahun ini makin mendorong hal tersebut.

Sumber : keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-umum-disebut-belum-maksimal-manfaatkan-sektor-ritel