Asuransi umum optimistis kinerja naik di 2017

15 Nov 2016, 09:06

Sejumlah katalis positif menumbuhkan optimisme industri asuransi umum di tahun depan. Yasril Y. Rasyid, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi, pertumbuhan bisnis tahun ini antara 10% hingga 15%. Adapun tahun depan, pihaknya memproyeksi pertumbuhan asuransi umum antara 15% hingga 20%.

Dalam asuransi umum, terdapat siklus di mana kuartal II dan kuartal IV terjadi pertumbuhan polis. Hingga kuartal II-2016, pertumbuhan asuransi umum mencapai 8%. Pihaknya optimistis kondisi tahun depan lebih baik dibanding tahun ini.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan asuransi umum tahun depan, diantaranya belanja pemerintah, konsumsi masyarakat, pembangunan proyek infrastruktur yang lebih masif dan repatriasi tax amnesty yang dapat meningkatkan investasi," jelas Yasril.

Menurutnya, optimisme industri asuransi umum salah satunya tumbuh berkat program pemerintah yang turut berpartisipasi mengembangkan pasar-pasar baru. Setelah terciptanya asuransi nelayan dan asuransi pertanian, nanti akan ada asuransi ternak sapi yang bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat golongan bawah.

Selain itu, adapula asuransi mikro yang tahun depan diharapkan lebih melaju kencang dengan jalur distribusi yang tepat. Adapun optimisme lainnya, lanjut Yasril, bunga (rate) asuransi properti yang lebih baik. Hal ini mendorong kenaikan premi bruto. Reporter Dina Farisah |Editor Dupla KS

askrida | Sumber : keuangan.kontan.co.id/news/asuransi-umum-optimistis-kinerja-ciamik-di-2017