Asuransi yang Wajib Dimiliki Saat Musim Hujan

06 Dec 2016, 09:37

Indonesia hanya mengenal dua macam musim, musim kemarau pada awal tahun dan musim hujan pada pertengahan tahun sampai akhir tahun. Dua musim ini sama-sama memiliki risikonya masing-masing. Contohnya pada musim kemarau, petani akan menghadapi risiko gagal panen karena kekeringan. Sedangkan, pada musim hujan, tingkat kecelakaan dan bencana alam akan lebih tinggi dikarenakan curah hujan yang tinggi.

Tetapi, untungnya telah ada fasilitas perbankan dan non-perbankan yang melindungi Anda dari hal-hal tidak terduga seperti penyakit, kecelakaan, bencana alam hingga kematian yaitu perlindungan asuransi. Perlindungan asuransi memiliki sistem, di mana Anda (tertanggung) diharuskan untuk membayar sejumlah uang setiap periode agar pada suatu saat perusahaan asuransi (pihak penanggung) akan melindungi Anda dari biaya-biaya jika kejadian seperti yang ditentukan pada perjanjian asuransi hadir. Tentunya asuransi sangat bermanfaat pada setiap musim, baik kemarau maupun hujan, tetapi, ada beberapa asuransi yang wajib dimiliki ketika akan memasuki musim hujan.

1. Asuransi Kendaraan

Musim hujan akan membuat berkendara menjadi lebih sulit, pada malam hari, pandangan akan lebih kabur dikarenakan air hujan yang menutupi sinar lampu mobil, bahkan pada siang hari, hujan yang terlalu lebat dapat membuat mobil di depan kita terlihat buram, yang mana lampu mobil harus dinyalakan pada siang hari ketika hujan lebat. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadi kecelakaan. Ini adalah kasus hujan tanpa bencana, bayangkan bila ternyata hujan menyebabkan banjir. Tentunya ini akan meningkatkan kemungkinan mobil Anda terendam banjir.

Oleh karena itu, salah satu asuransi yang sangat penting ketika banjir adalah asuransi kendaraan. Mengingatnya rawannya kecelakaan pada saat musim hujan, asuransi kendaraan dapat membuat Anda tidak khawatir atas biaya perbaikan mobil. Anda pun tidak perlu repot dan pusing jika mobil mogok di tengah jalan karena banjir, karena banyak perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas derek gratis jika terjadi sesuatu pada mobil Anda, pilihlah asuransi yang juga melindungi akan kemungkinan terjadinya banjir. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila mobil terendam banjir di manapun itu.

2. Asuransi Kecelakaan

Produk keuangan ini bermanfaat apabila yang tertanggung mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka ringan, berat atau bahkan meninggal dunia. Asuransi kecelakaan juga dapat menanggung seluruh biaya rumah sakit dari pengobatan hingga biaya rawat inap. Memiliki asuransi kecelakaan pada saat musim hujan mempunyai alasan yang sama dengan pentingnya asuransi kendaraan. Pada saat kecelakaan, tidak hanya kendaraan Anda yang berkemungkinan rusak, tetapi juga diri sendiri mungkin terkena imbas kecelakaan tersebut. Untuk itu, pada musim hujan, sebaiknya Anda memiliki asuransi kecelakaan untuk melindungi finansial serta diri jika terjadi hal tidak diinginkan tersebut.

3. Asuransi Kesehatan

Penyakit akan berdatangan pada musim hujan karena cuaca sejuk dan lembab merupakan kondisi optimal yang mendukung bakteri dan virus untuk bertumbuh. Beberapa contoh penyakit yang mungkin timbul adalah flu dan demam, diare, malaria, hingga demam berdarah. Tentunya biaya pengobatan untuk penyakit tersebut tidak murah, dan jika Anda atau keluarga tidak dilindungi oleh asuransi, pasti Anda harus mengeluarkan banyak sekali uang. Untuk itu, Anda dapat mengantisipasi pengeluaran tidak terduga tersebut dengan mempunyai asuransi kesehatan.

4. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa penting untuk segala macam musim, namun pada saat hujan, adanya asuransi ini dapat sangat membantu. Tentunya Anda berharap tidak akan terjadi apa-apa pada diri sendiri, tetapi nyawa memang tidak berada pada tangan Anda melainkan Yang Maha Kuasa. Anda sebagai manusia, sebaiknya melakukan yang terbaik yang dapat dilakukan. Pada saat musim hujan dimana angka kematian lebih tinggi dibandingkan musim kemarau, asuransi jiwa sangat dibutuhkan. Keluarga yang bertumpu pada Anda menjadi alasan utama pentingnya asuransi jiwa. Mempunyai asuransi jiwa pada musim hujan, akan membantu keluarga jika Anda tiada.

Gunakan Asuransi Sebagai Proteksi Diri

Anggaplah asuransi sebagai perlindungan diri, bukan sebagai jaminan bahwa Anda bebas dari segala beban finansial atau tanggung jawab diri. Mempunyai asuransi-asuransi tersebut pada saat musim hujan akan sangat membantu kondisi finansial apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang paling penting adalah berhati-hati pada saat hujan dan jangan ugal-ugalan. Editor:Aprillia Ika.

askrida | Sumber : bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/12/04/090000126/catat.ini.asuransi.yang.wajib.dimiliki.saat.musim.hujan