Bagaimana Cara Kerja Asuransi? Ini Penjelasannya

13 Oct 2016, 15:08

Asuransi menyediakan individu dan perusahaan perlindungan terhadap kerugian keuangan besar akibat kerusakan atau kehilangan harta benda. Sebagai pertukaran atas pembayaran premi yang dilakukan, individu dan perusahaan dijamin mendapatkan kompensasi atau penggantian dalam ketentuan yang tercantum pada polis asuransi.

Asuransi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Asuransi jiwa dan asuransi mobil adalah dua bentuk asuransi paling umum. Asuransi kesehatan dan kompensasi bagi pekerja juga jenis lain asuransi yang umum. Sementara asuransi telah menjadi bagian kehidupan sebagian besar orang, tidak semua mengerti cara kerjanya.

Cara Kerja Asuransi

Selalu tedapat risiko dalam kehidupan seperti kebakaran, pencurian atau gempa bumi. Banyak orang berharap untuk menghindari kerugian keuangan dengan mendapatkan ganti atas milik pribadi yang hilang atau rusak.

Asuransi adalah cara untuk melindungi keuangan pribadi dari beban yang tidak semestinya. Asuransi merupakan sebuah bentuk manajemen risiko di mana risiko ditransfer ke perusahaan asuransi sebagai pertukaran atas pembayaran premi.

Ketika membeli asuransi, seseorang mendapat polis asuransi yang merupakan kontrak yang mengikat secara hukum. Polis ini menjelaskan secara rinci semua hak, tanggung jawab dan kewajiban tertanggung (nasabah) dan perusahaan asuransi. Saat seseorang menderita kerugian yang tercakup dalam polis, dia bisa mengajukan klaim. Klaim merupakan laporan lengkap dari apa yang hilang atau rusak beserta nilainya.

Jumlah uang yang akan diganti (uang pertanggungan) didasarkan pada jumlah yang terdapat dalam polis. Ketika individu atau perusahaan membeli polis asuransi, semua uang dari premi kemudian digabungkan menjadi apa yang disebut kolam asuransi (insurance pool). Perusahaan asuransi menggunakan statistik untuk memprediksi berapa persen orang atau bisnis yang diasuransikan akan benar-benar menderita kerugian dan mengajukan klaim.

Statistik juga membantu menentukan jumlah premi. Faktor-faktor lain seperti nilai kredit dan klaim sebelumnya juga dipertimbangkan. Karena sebagian besar orang yang diasuransikan tidak mengalami kerugian atau hanya mangalami kerugian kecil, perusahaan asuransi mendapatkan keuntungan yang memungkinkan mereka terus beroperasi dan membayar klaim besar sesekali.

Jenis Asuransi

Secara teori, akan tersedia semua jenis polis asuransi untuk setiap situasi. Apa pun yang memiliki potensi risiko kehilangan atau kerusakan dapat diasuransikan. Suatu polis dapat mencakup beberapa risiko seperti polis asuransi rumah yang melindungi berbagai kerugian seperti akibat kebakaran, pencurian dan gempa bumi.

Beberapa jenis asuransi lain diantaranya asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi perjalanan. Asuransi properti melindungi terhadap hilangnya kapal, pesawat, dan tanaman pertanian. Sedangkan asuransi kredit memberikan perlindungan untuk melunasi pinjaman saat peminjam meninggal dunia, menjadi cacat atau kehilangan pekerjaan.

Saat hendak berasuransi, Anda harus menilai situasi Anda dan menentukan apa yang terbaik untuk Anda, keluarga dan bisnis Anda.

askrida | Sumber : www.protekita.com/25/bagaimana-cara-kerja-asuransi-ini-penjelasannya