Begini Cara Mudah Menghemat Ongkos Perawatan Mobil

18 Jan 2019, 13:52

Setiap orang tentu ingin memiliki kendaraan pribadi yang tampil dan berfungsi layaknya baru keluar dari diler. Agar bisa mendapatkan hal itu, ada dua hal yang perlu dilakukan.

Pertama, selalu berkendara dengan aman dan hati-hati. Dan yang kedua, lakukan perawatan kendaraan secara berkala, agar kondisinya selalu siap digunakan.

Berbeda dengan sepeda motor, merawat mobil membutuhkan biaya yang lebih besar. Sebab, komponen yang digunakan jauh lebih banyak.

Namun, hal itu sebenarnya bisa diatasi, jika pemilik mobil mengikuti beberapa tips ini.

Langkah pertama, jangan pernah menggunakan suku cadang tidak resmi. Meski harganya lebih murah, namun banyak suku cadang aftermarket yang kualitasnya di bawah buatan pabrik mobil tersebut.

Jika dipaksakan, maka kerusakan bukan hanya terjadi pada onderdil itu saja, namun juga merembet ke komponen lain yang masih asli bawaan pabrik.

Bukannya untung yang didapat, Anda justru harus mengeluarkan biaya lebih banyak, karena banyak komponen yang perlu dilakukan pergantian.

Tips kedua berhubungan dengan perawatan eksterior. Padatnya lalu lintas di perkotaan, terkadang membuat pengguna jalan melakukan hal yang ceroboh. Ujung-ujungnya, terjadi kecelakaan dan bodi mobil mengalami kerusakan.

Agar tidak perlu mengeluarkan uang banyak, di sinilah peran dari asuransi kendaraan. Saat terjadi kerusakan, pemilik mobil dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi. Dan jika memilih paket Comprehensive, maka kerusakan kecil dapat langsung diperbaiki. (yns)

Sumber : viva.co.id/otomotif/tips/1110225-begini-cara-mudah-menghemat-ongkos-perawatan-mobil