Berapa Umur Mobil Bekas yang Bisa Diasuransi?

31 May 2018, 09:38

Menjelang hari raya lebaran, pasar mobil bekas kembali bergairah. Tak jarang juga yang berburu mobil bekas yang modelnya kekinian. Nah bagi Otolovers yang baru atau akan membeli mobil bekas, jangan lupa diasuransikan ya, agar nggak repot kalau terjadi apa-apa dengan mobil.

Karena, asuransi mobil bukan untuk kendaraan yang baru keluar dari diler resmi saja, lho. Dikatakan Marketing & Communication & PR Manager salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, Iwan Pranoto mobil bekas bisa juga diasuransikan dengan beberapa batasan usia mobil.

"Asuransi kan terima mobil sampai usia mobil 9 tahun untuk comprehensive atau 15 tahun untuk TLO (total loss only). Jadi mobil yang nggak baru juga bisa ikut asuransi, bukan hanya yang baru saja," paparnya, di Jakarta akhir pekan lalu.

"Risiko kan terjadi dimana saja, kapan saja. Tidak lihat kalau mobil usia tiga tahun nggak kesenggol angkot atau motor," lanjut Iwan.

Untuk asuransi kendaraan yang bisa dipilih, comprehensive untuk pergantian apabila beberapa bagian mobil rusak atau keserempet. Atau bisa juga total loss only untuk pergantian apabila mobil hilang.

"Tergantung mau ambil yang mana. Kalau mau lengkap yang keserempet saja dicover ya pake comprehensive. Kalau terbatas, cuma mau cover kalau mobil hilang atau rusak parah yang perlu biaya perbaikan di atas 75 persen dari harga mobil ya pilih TLO," ucap Iwan.

Namun untuk TLO rate nya akan lebih kecil dibanding comperhensive. "Karena kan memang coveragenya juga lebih terbatas," tutup Iwan. (ruk/ddn)

Sumber : oto.detik.com/mobil/d-4030446/berapa-umur-mobil-bekas-yang-bisa-diasuransi