Bingung Pilih Pesawat, Bus atau Kereta untuk Traveling?

10 Apr 2017, 14:47

JALAN-JALAN memang selalu membutuhkan perencanaan yang matang. Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan traveling dapat tercapai dengan baik.

Banyak hal perlu direncanakan dengan matang saat ingin traveling, Bukan cuma soal mendapatkan diskon besar. Salah satunya adalah urusan transportasi. Pasti kamu semua pernah berada dalam suatu dilema memilih transportasi untuk traveling, apakah pesawat, bus atau kereta? Nah, agar keputusan yang kamu ambil tidak salah, berikut cara mengatasi kebingungan saat memilih transportasi untuk traveling!

Jarak lokasi tujuan

Pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah jarak. Ya, kalau kamu ingin traveling ke tempat yang jauh bahkan harus menyeberangi pulau, akan lebih efektif dan efisien menggunakan pesawat. Tetapi, jika masih satu pulau dan kamu tidak dalam kondisi terburu-buru, bisa memilih kereta. Sementara, kalau ingin memilih bus untuk traveling sebaiknya untuk jarak dekat saja misalnya lokasi tujuan hanya membutuhkan 2-5 jam perjalanan.

Lama waktu yang kamu miliki untuk traveling

Saat kamu traveling pasti kamu sudah tahu berapa lama waktu yang dimiliki untuk jalan-jalan. Misalnya waktu yang kamu miliki mepet dan jarak atau lokasi yang ditempuh jauh, maka pesawat adalah pilihan terbaik. Lain halnya jika waktu yang dimiliki cukup panjang, naik kereta atau bus tidak jadi masalah

Bujet yang dimiliki

Pastinya, semua kembali lagi pada berapa banyak uang atau bujet yang dimiliki. Sudah pasti harga pesawat lebih mahal ketimbang kereta dan bus. Di samping itu, harga bus dan kereta kerap beda tipis atau bahkan sama satu sama lain.

Pertimbangkan risiko yang ada

Naik bus, kereta, maupun pesawat tentu memiliki risiko masing-masing. Untuk itu, kamu harus bersiap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mengalami kecelakaan di tengah jalan yang mengakibatkan dirimu luka-luka, kehilangan harta benda, atau bahkan kehilangan bagasi di pesawat.

Kalau hal tersebut terjadi, kamu akan merugi secara finansial. Untuk itu, demi mempersiapkan diri agar tidak merugi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya belilah asuransi perjalanan. Saat ini, beli asuransi perjalanan dapat dengan mudah dilakukan.(rzk)

Sumber : economy.okezone.com/read/2017/03/31/320/1656035/bingung-pilih-pesawat-bus-atau-kereta-untuk-traveling