Cara Bijak Atur Keuangan Untuk Single Mom(2)

14 Sep 2017, 14:21

3. Buatlah dana darurat

Dana darurat menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam hal perencanaan keuangan dan dana darurat sangat penting bagi setiap orang begitu juga bagi single mom ataupun single parent. Karena kita tidak tahu kapan risiko sakit atau musibah lainnya terjadi. Dengan adanya dana darurat yang sudah disiapkan, hal ini menghindarkan 'berutang' apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan terjadi.

Dana darurat sebaiknya disimpan di tabungan yang mudah diakses. Berapa sih idealnya dana darurat yang dimiliki? Sebuah keluarga yang mempunyai anak minimal mempunyai 3 kali pengeluaran rutin bahkan ada yang menyarankan 12 kali pengeluaran rutin. Tentunya semakin banyak dana darurat yang dimiliki semakin baik.

4. Miliki Asuransi

Seorang single mom apakah perlu mempunyai asuransi? Jawabannya adalah sangat perlu karena dia akan menjadi penanggung dirinya sendiri dan anak-anaknya. Dengan demikian banyak sekali anggaran yang harus dikeluarkan tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari tapi juga untuk membayar asuransi.

Asuransi apa yang harus dimiliki oleh seorang single mom? Jawabannya adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Untuk asuransi jiwa pilihlah asuransi term life. Asuransi term life premi relatif lebih murah dibandingkan unitlink dengan uang pertanggungan yang besar. Dan yang kedua adalah asuransi kesehatan, apabila anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan di perusahaan anda bekerja maka anda tidak perlu mempunyai asuransi kesehatan pribadi.

5. Gali potensi untuk mendapatkan sumber penghasilan baru

Sudah bisa dibayangkan beban menjadi seorang single mom yang tidak bisa dikatakan ringan. Menjadi orang tua tunggal yang harus memenuhi kebutuhan rumah tangga dan juga harus memberikan kasih sayang kepada anak-anak. Mungkin selama ini anda sehari-hari Anda hanya mengurus rumah tangga di rumah, kini saatnya anda menggali potensi diri anda dan menekuninya karena bisa jadi rezeki datang dari potensi yang anda miliki. Selain itu banyak sekali peluang usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Tanpa meninggalkan anak-anak anda bisa mencari rezeki misalnya online shop, drop shiper atau pun toko kelontong.

Ingat, Meski anda single mom, selalu ingatlah bahwa sekarang anda adalah seorang single fighter sebaiknya anda cermat dalam mengatur keuangan sehingga tidak boros. Tetap semangat membesarkan dan mendidik anak-anak ya mom!(wdl/wdl)

Sumber : finance.detik.com/perencanaan-keuangan/3636094/cara-bijak-atur-keuangan-untuk-single-mom