Contra Bank Garansi - Pilihan pengusaha cerdas

28 Jul 2016, 15:43

Masih ingat istilah OPM (Other people's money)?

Istilah OPM sering digunakan untuk mengungkapkan bahwa untuk sukses tidak selamanya dengan modal sendiri, tapi bisa juga dengan menggunakan modal orang lain. Bedanya, kalau dengan modal sendiri mungkin tidak semua orang punya modal yang cukup. Tapi bukan berarti tidak ada cara lain. Ada, yaitu dengan menggunakan modal milik orang lain.

Bagi pengusaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi, perdagangan dan keuangan sudah paham bahwa hampir semua kontrak kerjasama memerlukan jaminan atau garansi yang harus dipenuhi. Misalnya, ketika kontraktor mengikuti tender ada permintaan jaminan tender atau Bid Bond. Pada saat memenangkan tender dan memulai pekerjaan diminta jaminan pelaksanaan atau Performance Bond. Pada saat mendapatkan uang muka perlu jaminan Payment Bond. Jaminan itu diterbitkan oleh bank untuk itu perlu ada dana yang ditahan oleh bank. Proyek belum mulai tapi perusahaan sudah harus mengeluarkan dana untuk penerbitan jaminan. Besar biaya penerbitan jaminan cukup besar, bisa mencapai 10% dari nilai proyek.

Bagi perusahaan yang kondisi keuangan kurang kuat pasti akan mengalami masalah. Tapi bagi perusahaan yang sehat sekalipun jika ada OPM pasti akan memillih OPM. Dari pada menggunakan dana sendiri.

Apa itu Contra Bank Garansi?

Adalah jaminan/garansi yang diterbitkan oleh bank tapi dana yang dijaminkan milik perusahaan asuransi, bukan dana milik perusahaan. Jikapun ada dana milik perusahaan jumlahnya hanya sedikit sekitar 20% saja, sisanya dana perusahaan asuransi. Dengan cara ini, cash flow perusahaan lebih ringan. Misalnya perusahaan  memenangkan proyek sebesar Rp. 100 milyar. Untuk itu perusahaan diminta untuk menyediakan jaminan pelaksanaan sebesar 5% atau Rp. 5 milyar sebelum memulai pekerjaan.

Jika menggunakan jasa bank 100%, bank akan meminta dana yang Rp. 5 milyar itu ditahan oleh bank dan tidak bisa diambil sampai masa jaminan selesai. Selain itu perusahaan dikenakan biaya bank dan provisi.
Dengan contra bank garansi, jaminan tetap dikeluarkan oleh bank, akan tetapi dana yang ditahan oleh bank adalah dana milik perusahaan asuransi. Untuk itu perusahan cukup membayar biaya premi asuransi, biaya dan provisi bank yang jumlah relatif kecil.  Inilah yang dimaksud dengan OPM (other people's money)

Bagaimana cara mendapatkan Contra Bank Garansi?

Perusahaan perlu mendapatkan dukungan dari perusahaan asuransi dan bank secara bersamaan. Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan "pasangan" bank dan asuransi yang cocok. Ada asuransi yang mau, tapi bank tidak bersedia. Sebaliknya ada bank yang mau tapi asuransi tidak bersedia. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kombinasi dua lembaga keuangan yang berbeda itu.

Persyaratan yang diperlukan hampir sama dengan yang diperlukan ketika memasukkan penawaran tender proyek. Berupa data-data perusahaan (company profile). Mulai dari akte pendirian, segala surat izin, keterangan mengenai pemilik dan pemegang saham, pengalaman kerja, laporan keuangan, kontrak dan lain-lain. Kalau data-data sudah tersedia siapa yang harus dihubungi? Tenang. Tunggu penjelasan berikutnya.

Berapa lama proses penerbitannya Contra Bank Garansi?

Waktunya relatif, tergantung ketersediaan dokumen yang diperlukan. Hasil evaluasi dari data-data yang disediakan. Semakin sehat semakin mudah. Jika kurang sehat, perlu persyaratan tambahan.  Jika semua normal dan menarik buat bank dan asuransi, waktu yang diperlukan sekitar 2 minggu. Satu minggu diproses di asuransi satu minggu lagi di bank. Tapi kalau sudah pernah menjadi nasabah di bank dan di asuransi, waktunya bisa lebih cepat.

Prosesnya memang perlu waktu. Ini ibarat mengurus mendapatkan dana kredit dari bank.  Ada proses evaluasi oleh team risk management dari asuransi dan bank. Kalau prosesnya cepat, kita perlu curiga,  kemungkinan ada proses yang tidak diikuti. Dan itu berpotensi gagal dalam pencairan dana pada saat perusahaan gagal memenuhi kewajibannya.

Berapa biaya penerbitan Contra Bank Garansi?

Ada dua komponen biaya. Biaya bank dan biaya premi asuransi. Biaya bank sesuai dengan kebijkasanaan masing-masing bank. Sementara biaya premi asuransi secara umum berkisar 1%/tahun. Untuk waktu kurang dari 1 tahun bisa lebih rendah. Biayanya bisa dinego (negotiable). Yang pasti jauh lebih rendah dan lebih baik dari pada menggunakan uang sendiri. Fee yang dibayarkan akan jauh lebih kecil dari manfaat yang didapat karena cash flow perusahaan tidak terganggu.

Bagaimana cara kerja Contra bank Garansi?

Contra bank garansi, berupa bank garansi biasa yang diterbitkan oleh bank. Bank garansi  dipegang oleh pemberi kerja (obligee). Jika terjadi wan prestasi, pemberi kerja akan mencairkan jaminan itu di bank. Obligee mendapatkan dananya. Kemudian bank akan mendebet/mencairkan dana milik perusahaan asuaransi yang ada di bank. Selanjutnya sebagai penggantinya pihak asuransi akan menagih kepada perusahaan (anda).

Untuk penerbitan Contra Bank Garansi, apakah perlu colleteral/jaminan?

Ya, biasanya selalu ada permintan colleteral dari pihak bank dan asuransi untuk setiap jaminan yang diminta. Besarnya tergantung hasil evaluasi data-data perusahaan. Tapi ada juga perusahaan yang tidak mensyaratkan adanya collateral. Besarnya collateral sekitar 20% dari nilai jaminan. Kalau jaminan yang diminta Rp. 5m maka collateralnya Rp. 1m berupa cash atau asset.

Untuk jenis jaminan apa saja Contra Bank Garansi bisa diterbitkan?

Banyak, bisa untuk jaminan tender (Bid Bond), jaminan pelaksanaan (Performance Bond), jaminan uang muka (Payment Bond) dan lain-lain.-artikel ini diangkat dari taufikarifin dot com-