Dimana ya Tempat Jual Asuransi?

01 Nov 2017, 19:55

Teman-teman apakah tahu, dimana saja tempat yang menjual asuransi? Apakah asuransi bisa dibeli melalui online? Ternyata kita dapat membeli asuransi, tidak hanya melalui kantor pemasaran perusahaan asuransi loh! Sekarang sudah banyak channel distribusinya. Yuk kita pelajari satu persatu.

Tempat Jual Asuransi Sekarang Sudah Banyak, Bahkan Bisa Beli Asuransi Online. Zaman sekarang, membeli asuransi menjadi lebih mudah karena sudah banyak sekali distribusi channel. Kita tidak perlu harus ke kantor pemasaran perusahaan asuransi, untuk membeli proteksi. Namun diingat ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui pada saat membeli asuransi, seperti sesuaikan dengan kebutuhan Anda, prioritaskan proteksi yang paling penting dahulu, kemudian sesuaikan dengan budget yang ada. Terakhir beli di perusahaan atau tempat yang paling membuat Anda nyaman.

Berikut ini beberapa tempat yang menjual asuransi:

#1 Kantor Pemasaran Perusahaan Asuransi

Cara yang paling dikenal kebanyakan orang adalah datang ke kantor pemasaran perusahaan asuransi. Anda dapat langsung datang, bertanya-tanya dengan customer service atau bagian pemasaran. Setelah itu Anda dapat langsung mengisi formulir serta menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Kelebihannya, Anda dapat langsung bertemu dengan karyawan perusahaan yang akan memberikan informasi lengkap mengenai produk. Kelemahannya tidak disetiap kota ada kantor pemasaran perusahaan asuransi.

#2 Agen Penjual Asuransi

Selain mendatangi kantor pemasaran perusahaan asuransi, Anda juga dapat langsung menghubungi agen penjual asuransi. Di Indonesia sekarang ini terdapat lebih dari 500 ribu orang agen penjual asuransi jiwa. Kita dapat langsung menghubungi mereka dan berkonsultasi mengenai kebutuhan kita. Sebagai nasabah, jangan sungkan atau jangan takut berdiskusi dengan agen asuransi.

Keuntungan membeli asuransi melalui agen adalah adanya pendekatan personal dan pelayanan yang lebih humanis. Ada beberapa orang agen yang mau membantu nasabahnya untuk mengurus proses klaim. Sayangnya ada beberapa oknum agen asuransi yang kurang menguasai produk dan/atau informasi sehingga menyebabkan kesalahan informasi saat menjual produk (miss selling).

#3 Bank

Bank sebagai lembaga keuangan, ternyata juga menawarkan produk asuransi. Sejauh ini bank baru memasarkan produk asuransi jiwa berjenis unitlink (gabungan antara proteksi dan asuransi). Biasanya orang menyebut produk asuransi bank adalah banc assurance.

Pada umumnya bank bekerja sama dengan perusahaan asuransi, untuk menawarkan produk-produk asuransi unitlink kepada nasabah. Salah satu keuntungan membeli asuransi melalui bank adalah bonus dan penawaran spesial dari bank, misal promo bunga deposito yang lebih tinggi, undian berhadiah mobil dan lain sebagainya. Kekurangannya jika membeli produk asuransi dari bank adalah support untuk pengajuan klaim. Bagian pemasaran produk banc assurance, umumnya akan mengarahkan nasabah untuk langsung mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

#4 Telemarketing

Apakah Anda pernah ditelepon oleh telemarketing yang menawarkan produk asuransi? Produk yang ditawarkan melalui telemarketing, biasanya produk asuransi yang sifatnya sederhana dan preminya tidak terlalu besar. Beberapa penawaran telemarketing, bekerjasama dengan bank atau produk kartu kredit.

Kelebihannya proses pembelian melalui telemarketing sangat cepat. Kita hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dan semua jawaban kita menjadi bagian dari polis. Ow ya diskusi melalui telepon tersebut, pasti direkam dan sebagai bukti yang sah. Kelemahannya adalah proses follow up untuk klaim yang terjadi. Biasanya telemarketer akan mengatakan kami dari bank “X” bekerja sama dengan perusahaan asuransi “Y” menawarkan produk “Z”. Saat nasabah klaim, nasabah seringkali bingung harus klaim kemana.

#5 Gerai Ritel Modern

Beberapa produk asuransi, ternyata dijual lho di gerai ritel modern seperti minimarket dan supermarket. Channel distribusi yang satu ini, memang masih baru dan biasanya produk yang ditawarkan adalah asuransi mikro (premi dan uang pertanggungan relative kecil). Contoh asuransi untuk perjalanan, asuransi untuk khusus demam berdarah dan lain sebagainya.

#6 Melalui Online – Website Perusahaan Asuransi

Beberapa perusahaan asuransi, saat ini melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi website. Saat ini kita dapat langsung membeli asuransi melalui website perusahaan.

#7 Melalui Online – Fintech

Selain perusahaan asuransi, ternyata ada juga perusahaan financial technology (fintech) yang menawarkan situs perbandingan produk-produk asuransi.

Asuransi sekarang dijual melalui beberapa channel, pilih yang paling nyaman untuk Anda. Seperti yang dijelaskan di atas, seperti: kantor pemasaran perusahaan asuransi, agen asuransi, bank, perusahaan ritel dan supermarket, telemarketing dan bahkan melalui online. Sekarang sudah tidak ada lagi, tidak beli asuransi karena repot belinya. Sudahkah Anda memiliki asuransi?

Sumber : finansialku.com