Diprediksi Akan Ada Tambahan Kuota Kartu Asuransi Nelayan

16 Jan 2017, 08:26

Kuota kartu asuransi dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bagi nelayan di Bontang telah didistribusikan di 2016 lalu. Namun diprediksi akan ada kuota tambahan di tahun ini.

Hal ini diperkuat lewat Surat Keputusan (SK) Pembentukan tim pedamping dan verifikasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang baru saja diterima Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian, Senin (9/1) kemarin.

Idhamsyah  mengatakan, kemarin ia baru saja menerima surat melalui email dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk membentuk tim verifikasi dan tenaga pedamping dalam memverifikasi nelayan untuk bisa mendapatkan asuransi. Itu artinya, kesempatan nelayan kembali terbuka lebar  di tahun ini mendapatkan asuransi bila mendaftar dan lolos dalam verifikasi tersebut.

“Dalam isi surat tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan meminta membentuk tim pendamping tiga orang dan tim verifikasi satu orang, kemudian SK nama tersebut diserahkan paling lambat 22 Januari ini,” jelasnya, Senin (9/1) Kemarin.

Dia menambahkan, saat ini sudah sekira 1.900 lebih nelayan memiliki kartu asuransi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan secara gratis selama setahun. Jumlah tersebut merupakan hasil kerja keras dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian.

Dengan melakukan sistem jemput bola kepada para nelayan yang ada di Bontang. Baik kerja sama dengan kelurahan maupun mendatangi warga menggunakan mobil pintar yang dilengkapi dengan aplikasi online dan Global Positioning System (GPS) dari Kementerian Kelautan, dan Perikanan.

“Sampai sekarang, kami masih mendata nelayan yang ingin memiliki kartu asuransi, semoga di tahun ini asuransi tersebut ada lagi demi kesejahteraan nelayan yang ada di Bontang,” pungkasnya.(ver)

askrida | Sumber : www.bontangpost.id/read/2017/01/10/2839/diprediksi-akan-ada-tambahan-kuota-kartu-asuransi-nelayan