Fintech jalan asuransi pangkas operasional

21 Jun 2016, 09:48

Sekalipun hasil investasi menciut, namun perusahaan asuransi masih dapat berpeluang meraih margin. Caranya dengan menekan biaya operasional perusahaan.

Tahun ini, hasil investasi perusahaan asuransi umum diprediksi mencapai 8%. Angka ini berpeluang turun lagi sejalan dengan tren penurunan suku bunga deposito.

Julian Noor, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia(AAUI) mengatakan, komponen pembentuk margin perusahaan asuransi selain dari hasil investasi juga berasal dari operasional.

Dari sisi operasional, perusahaan asuransi dapat memanfaatkan jalur financial technology(fintech), baik untuk penjualan, pemasaran produk dan pencairan klaim. Sebab cara ini dapat memangkas beban operasional perusahaan asuransi.

Menurut Julian, dalam waktu dua tahun lagi, perusahaan asuransi akan memulai platformseba digital. Sebab, hampir semua kebutuhan saat ini sudah terlayani lewat digital.

Ia memprediksi, ke depan, perusahaan asuransi tertarik membuat start up sendiri. "Waktunya bisa saja lebih cepat, sebab perusahaan asuransi juga telah memulai penjualan secara online," ujar Julian.

askrida | Sumber : keuangan.kontan.co.id/news/aaui-fintech-jalan-asuransi-pangkas-operasional