Fitch Ratings: Industri Asuransi RI Akan Tumbuh Stabil di 2016

08 Dec 2015, 12:55

Jakarta - Lembaga pemeringkat, Fitch Ratings memprediksi, industri perasuransian di Indonesia akan tumbuh stabil pada tahun 2016. Hal ini didukung pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan membaik.

Dalam laporan terbarunya, Fitch memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia akan meningkat menjadi 5,3 persen pada tahun 2016 dan 5,5 persen pada 2017 dari 4,8 persen di tahun 2015. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang meningkatkan sentimen bisnis dan memperkuat fundamental keuangan negara.

"Outlook peringkat untuk sektor asuransi jiwa dan asuransi umum adalah stabil, didukung permintaan yang kuat, terkendalinya risiko investasi yang dikelola perusahaan asuransi, dan buffer terhadap kerugian bencana melalui cakupan reasuransi," tulis riset Fitch, Senin (7/12).

Outlook sektor perasuransian juga stabil. Fitch memandang rendahnya penetrasi asuransi dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan mendukung pertumbuhan asuransi jiwa. Secara umum, investasi yang konservatif untuk mengurangi volatilitas kinerja operasional perusahaan asuransi. "Sementara sektor asuransi umum didukung meningkatnya kemakmuran dan pendapatan, pemulihan ekonomi dan perlindungan cakupan reasuransi," kata Fitch.

Fitch meyakini, beberapa inisiatif regulator mengoptimalkan kapasitas reasuransi lokal bisa memperluas skala operasi sektor dan meningkatkan tingkat daya saing di antara pemain domestik. Meski demikian, mengelola akumulasi risiko dan meningkatkan manajemen risiko adalah kunci memastikan pemeliharaan margin underwriting yang sehat di antara perusahaan reasuransi.

Industri ini juga menghadapi perubahan persyaratan peraturan dan peningkatan persaingan. Regulator berencana mengimplementasikan kebijakan terbaru dari kerangka kapitalisasi saat ini. Sedangkan pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir-2015 akan mendorong liberalisasi pasar yang lebih besar di antara perusahaan asuransi yang beroperasi di ASEAN.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Togar Pasaribu mengatakan, pada tahun depan, AAJI menargetkan pertumbuhan premi bruto di angka 20 persen. "Kami optimistis tahun depan bisa tumbuh lebih baik, seperti saat ini saja, di tengah kondisi yang melambat, kami masih bisa bertumbuh," kata dia di Jakarta belum lama ini..

Togar menjelaskan, untuk mencapai hal tersebut diperlukan pertumbuhan jumlah tenaga pemasar, pertumbuhan asuransi mikro, kondisi pasar modal, inovasi produk dan pertumbuhan masyarakat kelas menengah.

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Yasril Y. Rasyid menjelaskan, pada tahun depan, pertumbuhan premi asuransi umum ditargetkan tumbuh 15-20 persen, sedangkan tahun ini ditargetkan tumbuh 12-13 persen.

 Investor Daily

Gita Rossiana/WBP

Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/328611-fitch-ratings-industri-asuransi-ri-akan-tumbuh-stabil-di-2016.html