Hasil investasi asuransi umum diramal amanHasil investasi asuransi umum diramal aman

19 Dec 2015, 07:50

JAKARTA. Upaya pelaku usaha asuransi umum dalam mengejar target laba di 2015 ini dinilai lebih aman dari dampak negatif yang terjadi di pasar modal. Masih dominannya penempatan investasi di deposito menghindarkan perusahaan asuransi umum mencatatkan kinerja hasil investasi yang negatif.

Sampai kuartal ketiga 2015 sendiri Otorias Jasa Keuangan (OJK) mencatat 49,2% dari dana investasi industri asuransi umum diparkir di deposito. Meski imbal hasilnya lebih kerdil dari instrumen lain, namun saat pasar modal terkoreksi hasilnya masih lebih bisa diharapkan.

Dadang Sukresna Kepala Bidang Departemen Komunikasi dan Statistik Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan, kondisi ini semakin menjaga perolehan laba pelaku usaha. "Sehingga laba dari sebagian besar perusahaan juga masih akan meningkat," kata dia belum lama ini.

Ia menyebut, sejak beberapa waktu ke belakang perusahaan asuransi umum makin mengandalkan hasil investasi untuk membantu laba operasional dari hasil underwriting dalam mendorong laba mereka.

Di tahun ini sendiri Dadang menilai hasil underwriting dari pemain asuransi umum masih akan tumbuh positif. Hal ini diantaranya disebakan sejumlah perusahaan makin selektif untuk mencari bisnis yang marginnya lebih tinggi.


Reporter Tendi Mahadi 
Editor Havid Vebri


Sumber: http://keuangan.kontan.co.id/news/hasil-investasi-asuransi-umum-diramal-aman