Ingin Kaya di Tahun 2018? Hindari 10 Hal Ini (1)

17 Jan 2018, 13:59

Jika ingin kaya di tahun 2018, cobalah mengambil saran dari orang-orang yang sudah melakukannya. Ada kebiasaan tertentu dalam membangun kekayaan yang sudah dijamin oleh orang-orang sukses. Salah satunya menghindari perilaku beracun yang bisa menggagalkan keuangan, yaitu:

1. Telat membayar tagihan

Selain adanya bunga yang harus dibayar ketika telat membayar tagihan, itu juga mempengaruhi kemampuan meminjam uang untuk pembelian yang lebih besar dalam waktu dekat. Misalnya untuk menyicil rumah atau mobil yang memerlukan biaya yang banyak.

Untuk itu, jangan pernah lewatkan pembayaran tagihan dengan mengatur pembayaran otomatis secara online untuk membayar biaya rutin seperti listrik, air, internet, dan asuransi. Sementara, untuk biaya yang tidak bisa dibayar secara online, seperti biaya sewa bisa atur pengingat kalender di smartphone untuk membayar rutin setiap bulannya.

2. Memilih angsuran minimum untuk saldo kartu kredit

Sebagian kartu kredit hanya mengharuskan untuk membayar 1-3 persen dari saldo di setiap bulannya. Angsuran minimum bisa menjadi pilihan yang menggoda apalagi saat pengeluaran sedang ketat. Namun, hal ini akan menghabiskan banyak uang untuk kepentingan jangka panjang.

3. Menunggu sampai memiliki banyak uang untuk diinvestasikan

Berkat adanya bunga majemuk (compound interest/bunga berbunga), kini waktu ada di pihakmu ketika menyangkut investasi. Tidak perlu menjadi seorang ahli keuangan pribadi atau mendapatkan gaji yang besar untuk mulai berinvestasi.

Salah satu cara termudah adalah membuat rekening tabungan pensiun yang dibebaskan pajak sehingga memungkinkan untuk membangun kekayaan dari waktu ke waktu. Kuncinya jangan menunggu, bahkan ketika tidak bisa menginvestasikan dengan jumlah uang yang besar.

Setidaknya mulai kebiasaan menyisihkan sedikit uang setiap bulannya. Kapan pun mendapatkan bonus atau tunjangan tertentu, evaluasi ulang berapa banyak uang yang dapat disisihkan secara realistis.

4. Pergi tanpa tujuan tabungan

Uang tidak akan muncul begitu saja. Jika ingin menyimpan lebih banyak uang, maka harus memiliki tujuan jelas dan menetapkan rencana tertentu untuk mencapai tujuan itu. Dengan cara menyiapkan transfer otomatis secara berulang dari rekening bank ke rekening tabungan untuk memastikan kekonsistenan dengan tabungan itu.

Misalnya dimulai dengan menentukan secara cepat pengeluaran besar apa yang diharapkan untuk masa depan, misalnya seperti rumah, mobil, atau pendidikan untuk anak-anak. Kemudian tentukan seberapa banyak yang perlu ditabung untuk pengeluaran itu dan untuk berapa lama.

5.Menghabiskan sebanyak apa yang diperoleh, atau lebih.

Jika menghabiskan sebanyak atau lebih dari penghasilan yang diperoleh, maka gaya hidup itu membuat hampir tidak mungkin untuk membangun penghematan yang signifikan. Hiduplah di bawah kemampuan finansialmu, jangan menuruti gaya hidup yang setara atau lebih dari pendapatan yang diperoleh.

untuk melanjutkan membaca silahkan menuju "Ingin Kaya di Tahun 2018? Hindari 10 Hal Ini (2)"

Sumber : inews.id/finance