Ingin Kaya di Tahun 2018? Hindari 10 Hal Ini (2)

17 Jan 2018, 15:16

6.Menyentuh tabungan.

Begitu menyiapkan rekening tabungan pensiun, jauhkan tangan daripadanya. Hal ini untuk mencegah agar tabungan masa pensiun bisa tumbuh dari waktu ke waktu.

Aturan yang sama berlaku juga untuk dana darurat, jangan disentuh kecuali menghadapi hal-hal yang benar-benar darurat. Untuk menahan keinginan memakai dana darurat tersebut, pindahkan dana ini ke rekening yang terpisah. Misalnya rekening tabungan dengan bunga yang tinggi atau akun pasar uang yang keduanya menawarkan tingkat bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan tradisional.

7.Tidak tahu ke mana uang pergi

Entah itu memesan transportasi online, membeli snack di minimarket terdekat, dan hal-hal yang terlihat remeh lainnya yang terlalu mudah untuk menghabiskan uang tanpa berpikir. Fokuslah untuk mengambil pendekatan belanja yang lebih hati-hati di tahun 2018.

Coba catat dan ingat setiap pengeluaran untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik di mana saja uang dihabiskan. Dengan demikian bisa diketahui di bagian mana pengeluaran yang tidak penting dihabiskan untuk kemudian bisa dikurangi.

8.Mengabaikan asuransi

Memang boleh bersikap optimis, tapi perlu diingat kalau harus bertanggung jawab dan merencanakan kemungkinan yang terburuk. Sebab, hanya dengan satu kejadian, misalnya kecelakaan atau penyakit, kebakaran, gemba bumi atau badai angin dan tsunami, maka tabungan bisa langsung terkuras. Jika belum memiliki asuransi, maka tambahkan ke daftar yang harus dilakukan di tahun 2018.

9.Tidak memprioritaskan bunga yang tinggi

Semua utang tidak diciptakan sama, ada strategi yang efektif untuk memanajemen utang. Misalnya dengan menentukan peringkat kewajiban sesuai tingkat suku bunga dari yang tertinggi ke yang terendah. Kemudian memprioritaskan utang dengan tingkat suku bunga tertinggi, sambil tetap membayar seminimal mungkin untuk semuanya dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, ada pilihan alternatif lainnya, yaitu menentukan utang dalam ukuran dan mulai membayar dari angka yang terkecil. Hal ini merupakan strategi ahli keuangan, Dave Ramsey yang bernama metode bola salju.

Idenya adalah setiap kali melunasi satu utang, maka sama dengan membangun momentum yang dapat membantu mengatasi utang yang terbesar berikutnya. Tidak masalah pendekatan yang mana yang dipilih, yang penting komitmennya untuk keluar dari zona merah tahun ini.

10.Sering mengabaikan hal kecil.

Sesering mungkin mengabaikan masalah finansial, malah seharusnya segera menanganinya. Periksa rekening bank dan nilai kredit, sekecil apa pun jumlahnya jangan pernah tinggalkan utang untuk besok. Manfaatkan tunjangan-tunjangan dan bonus kerja yang bisa menghemat ribuan dolar setahun.

Kesemua hal ini tidak harus segera dilakukan, tapi membersihkan diri dari kebiasaan buruk sekarang tidak ada salahnya. Sebab, kebiasaan ini akan menghambat tabungan kekayaan selama sisa hidupmu.

Sumber : inews.id/finance