Ingin Masa Depan Lebih Baik, Paksakan 5 Hal Ini pada Hidup Anda

17 Oct 2016, 09:39

Memaksakan sesuatu yang kurang sesuai dengan keinginan kita memang kurang baik. Selain dapat menyulitkan hidup kita, dalam menjalaninya juga kita tidak akan melakukannya dengan sepenuh hati. Namun, bagaimana jika hal yang dipaksakan ini adalah terkait dengan masa depan anda yang lebih baik? Untuk hal yang positif, sepertinya tidak ada salahnya untuk memaksakan selama memang dapat dilakukan dengan cukup maksimal. Dalam hal ini, memaksakan untuk selalu menyisihkan uang rupanya dapat membantu tercapainya masa depan yang lebih baik.

Menyisihkan uang gaji atau pendapatan kita, masih menjadi satu-satunya cara yang paling ampuh agar kita dapat mencapai keinginan serta memenuhi kebutuhan kita di masa depan. Sebaiknya uang tersebut dikumpulkan dalam bentuk tabungan atau juga Investasi. Trend saat ini, kita juga bisa menyimpan uang secara Virtual yang nantinya segala transaksi kita bisa lakukan via email saja. sebagai orang yang sedang mempersiapkan masa depan setiap harinya, kita tinggal memilih cara mana yang paling aman, agar keterpaksaan kita untuk menabung ini menjadi sesuatu yang malah menjadi kebiasaan.

Berikut ini adalah lima hal yang harus dipaksakan untuk membuat masa depan anda lebih baik lagi:

1. Memiliki Tabungan Berencana

Di Indonesia ada banyak Bank yang akan menawarkan program tabungan berencana. Tabungan ini adalah sebuah sistem penyimpanan uang yang bisa ditarik secara otomatis setiap bulannya selama waktu tertentu sesuai keinginan. Jumlah uangnya tergantung dari kebijakan dari masing-masing Bank dan juga kesanggupan anda yang akan membuat tabungan berencana ini.

Jika anda malas menabung, maka tetap paksa diri anda menabung dengan cara memulai menyimpan uang dalam nominal yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, paling tidak anda tetap bisa menabung, menyisihkan uang anda sebagian untuk suatu tujuan tertentu di masa depan.

2. Memiliki Tabungan dalam Bentuk Asuransi

Siapa bilang Asuransi ini hanya bisa merugikan kita saja, karena setiap bulan keluar uang tapi belum tentu bisa ditarik kapan saja uangnya. Asuransi memang seperti ini, uang yang sudah anda simpan untuk asuransi adalah penjamin jika suatu saat ada masalah dengan kesehatan dan keselamatan anda selama hidup. Maka paksakan untuk menganggap, bahwa asuransi juga tabungan yang memiliki Cash Back. paling tidak sisihkan Rp. 500 000 per bulannya untuk mengikuti salah satu program Asuransi kesehatan terpercaya. Perhatikan polis asuransinya sebelum anda mengajukan klaim.

3. Meninggalkan Kartu ATM Tabungan

Sebab pola hidup yang boros, salah satunya adalah adanya akses kartu ATM tabungan kita yang sangat mudah digunakan kapan saja dan dimana saja. paksakan untuk mulai meninggalkan kebiasaan ini, dengan mengunci rapat-rapat kartu ATM anda. Simpan di sebuah tempat dan kunci. Mulai lupakan bahwa sebenarnya anda memiliki kartu ATM.

4. Investasi Emas

Sekarang ini investasi emas sedang populer dikalangan investor, baik investor tingkat tinggi , maupun investor sederhana , para ibu rumah tangga. Ada beberapa lembaga yang menawarkan investasi ini dengan alasan mudah mendapatkan emas dengan uang yang relatif kecil. Jika anda sudah mulai melakukan investasi ini, pastikan tidak berniat untuk mendapatkan emas, lalu menjualnya kembali. Cara ini bukan investasi, paksakan untuk bisa membeli emas lain dalam investasi emas ini. seperti menyisihkan kembali dari tabungan emas ini, untuk membeli emas 1 hingga 2 gram saja. maka di akhir, bukan malah ingin menjual emas, tapi malah memiliki lebih banyak emas.

5. Membeli Rumah atau Tanah

Investasi lain yang mudah adalah membeli rumah atau juga membeli tanah. Nilai dari kedua hal ini tidak akan berkurang setiap tahunnya. Mengetahui hal tersebut, paksakan diri anda untuk mulai membeli rumah atau tanah yang memang memiliki nilai yang bagus setiap tahunnya. Lakukan sekalipun harus dengan cara mencicilnya. Saat telah lunas nanti, paling tidak anda sudah memiliki rumah dan rumah tersebut adalah aset yang dimiliki yang bernilai tinggi. Jika saat darurat anda bisa menjual rumah tersebut atau bisa juga dijadikan warisan untuk anak-anak di masa depan.

Cukupi Kebutuhan Wajib, Lalu Paksakan untuk Menabung

Menabung atau investasi memang hal yang harus dipaksakan terjadi dalam hidup anda. Hidup yang masih panjang ini perlu perencanaan keuangan yang matang. Awali dengan mencukupi kebutuhan pokok anda dan keluarga terlebih dulu, kemudian paksakan untuk menabung. Setidaknya anda sudah melakukan 2 hal yang bermanfaat untuk masa depan anda dan keluarga tercinta.(wdi)

askrida | Sumber : economy.okezone.com/read/2016/10/07/320/1508649/ingin-masa-depan-lebih-baik-paksakan-5-hal-ini-pada-hidup-anda