Ingin Menggelar Acara Pernikahan di Rumah? Intip Tips Berikut Ini

30 Sep 2016, 14:48

Jika Anda memiliki rumah dengan ruangan yang cukup besar, atau area halaman belakang yang luas dan bisa menampung sejumlah tamu, maka pilihan untuk mengadakan pesta pernikahan di rumah sendiri patut dipertimbangkan. Selain dapat menghemat anggaran untuk venue pernikahan, Anda juga dapat merasa nyaman di lokasi yang familiar dengan Anda dan keluarga. Meski demikian, hal ini juga memiliki tantangan tersendiri, untuk itu simak hal-hal yang harus Anda perhatikan berikut ini:

1. Pertimbangkan ruangan

Hitung jumlah undangan yang akan datang dan kapasitas setiap ruangan di area rumah Anda. Anda juga harus memilah ruangan mana yang akan dibuka untuk umum dan mana yang menjadi area privat. Pikirkan juga bahwa penempatan beberapa elemen dekorasi akan mempersempit ruang gerak dan mengurangi kapasitas tamu.

2. Asuransi rumah

Anda perlu memeriksa kembali asuransi rumah yang dimiliki. Untuk berjaga-jaga akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau kebakaran. Hal ini perlu Anda pertimbangkan karena banyak kemungkinan yang dapat terjadi jika Anda mengundang banyak orang ke dalam kediaman pribadi.

3. Tinggalkan memori

Salah satu alasan mengapa Anda menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah adalah karena rumah menyimpan begitu banyak kenangan. Karenanya, tak perlu membersihkan dinding yang berisi foto-foto keluarga. Tetap letakkan pada tempatnya agar tamu yang datang juga bisa melihat sisi personal Anda dan keluarga.

4. Siapkan taman

Ide lain selain menggantungkan tanaman pada dekorasi yang mungkin akan memakan tempat, Anda bisa menanam beberapa tanaman hijau atau bunga sebelum hari-H. Siapkan tanaman di tempat yang sesuai lalu pelihara agar ketika waktunya, bunganya bermekaran. Riset terlebih dahulu waktu tumbuh tanaman Anda. Beberapa bunga ada yang mekar dalam beberapa hari lalu layu, jangan sampai bunga yang Anda tanam justru layu di hari istimewa.

5. Urus perizinan

Jika Anda akan memasang tenda di area jalan umum, pastikan Anda telah mendapat izin dari RT atau RW setempat. Anda juga harus mengurus perizinan untuk dapat menggelar keriuhan pesta yang mungkin dapat mengganggu tetangga di sekitar Anda. Perhatikan pula area parkir para tamu, jangan sampai mengganggu akses publik dan menyebabkan kericuhan.

6. Perhatikan listrik

Ketika Anda mengadakan pesta yang mengundang orang banyak, asupan listrik yang digunakan pun jadi lebih banyak. Pastikan tegangan listrik Anda cukup menahan segala kebutuhan. Jika perlu sediakan genset untuk kebutuhan pencahayaan pelaminan atau panggung hiburan. Sediakan juga AC portable untuk menjaga kesejukkan udara agar tamu tetap merasa nyaman.

7. Pertolongan profesional

Walau Anda ingin memberi sentuhan personal di pesta Anda, bukan berarti semua harus dikerjakan sendiri. Sewa jasa wedding organizer profesional untuk memastikan semua kebutuhan acara terpenuhi dan tidak ada yang tertinggal selama acara pesta pernikahan berlangsung.

askrida | Sumber : lifestyle.liputan6.com/read/2608976/ingin-menggelar-acara-pernikahan-di-rumah-intip-tips-berikut-ini