Ini 4 Trik Menguntungkan Saat Daftar Asuransi Mobil

28 Jan 2016, 10:00

Suara.com - Bagi Anda yang memiliki kendaraan, khususnya yang beroda empat, anda tentu saja sangat mengharapkan adanya kenyamanan dan perlindungan terhadap aset anda tersebut bukan?

Ketika kita sedang berada di jalanan, maka tak seorangpun dari kita dapat menebak kejadian apa saja yang mungkin akan kita alami, bahkan risiko kecelakaanpun sangat besar. Hal tersebut juga banyak dijadikan sebagai alasan kenapa kita sangat membutuhkan sebuah asuransi kendaraan.

Bayangkan saja bila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang mengakibatkan kita harus mendapatkan perawatan di rumah sakit, maka dalam hal ini banyak sekali kerugian yang akan mengintai di belakang kejadian tersebut.

Bukan hanya kesehatan dan waktu Anda saja yang akan tersita selama menjalani perawatan, namun ada banyak biaya yang harus Anda keluarkan, termasuk biaya perawatan kembali mobil Anda di bengkel.

Untuk menghindari biaya dan risiko seperti di atas, maka sangat bijak bila anda memilih sebuah asuransi yang tepat bagi mobil Anda. Pastikan asuransi yang Anda pilih telah memiliki layanan terbaik dan memiliki tarif premi asuransi kendaraan yang sesuai dengan ketetapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di bawah ini adalah beberapa tips ini untuk membantu anda memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Memiliki Perlindungan yang Lengkap

Kenali dua macam jenis pertanggungan asuransi mobil, yaitu:

-Asuransi gabungan, adalah sebuah asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan besar, kecelakaan kecil, kehilangan perlengkapan tambahan dengan perusakan, dan kendaraan yang hilang.

-Asuransi kerugian total (total loss only/TLO), adalah asuransi yang menjamin kerugian akibat kecelakaan dengan kerusakan mobil minimal 75 persen dari harga pertanggungan dan pengantian jika mobil tersebut hilang.

Selain itu asuransi mobil juga menyediakan perluasan pertanggungan asuransi, seperti: tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, akibat terjadinya huru-hara, bencana alam, dan kejadian lainnya lainnya.

2. Memiliki Bengkel Rekanan yang Banyak

Pada umumnya setiap perusahaan asuransi mobil selalu memiliki hubungan kerja sama dengan bengkel rekanan, maka bila suatu saat Anda ingin melakukan klaim, anda biasanya akan diberikan beberapa pilihan bengkel rekanan oleh pihak asuransi.

Pastikan asuransi yang akan anda pilih telah memiliki kerja sama dengan banyak rekanan bengkel sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan saat akan melakukan perbaikan pada mobil Anda. Anda juga jangan sembarangan saat memilih bengkel rekanan asuransi yang akan Anda gunakan jasanya dalam perbaikan mobil Anda, lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kualitas dan kinerja mereka sebelum akhirnya Anda meninggalkan mobil Anda di sana untuk diperbaiki oleh mereka.

Hal ini akan sangat memperkecil kemungkinan Anda kecewa atas pelayanan mereka nantinya, karena itu lakukan pengecekan sebelum memilih.

3. Memiliki Layanan Ekstra

Sebagai sebuah perusahaan jasa, maka perusahaan asuransi sepatutnya memberikan layanan terbaik bagi para kliennya, hal ini akan sangat berguna untuk menjaring banyak klien baru di masa yang akan datang

Banyak perusahaan asuransi yang saat ini memberikan dan melengkapi tambahan layanan yang menguntungkan bagi kliennnya, misalnya: dengan membuat layanan pelanggan tentang kepuasan pelayanan, pelayanan mobil derek 24 jam, penyediaan mobil pengganti, jasa montir, mobil ambulans dan yang lainnya. Hal ini akan sangat membantu Anda kapan pun dan di mana pun Anda berada.

4. Klaim Terlayani dengan Baik

Jumlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kendaraan terus bertambah mengikuti tingginya peningkatan jumlah populasi mobil dari tahun ke tahun di Indonesia. Bukan hanya menjaring calon klien perorangan yang memiliki kendaraan secara pribadi, perusahaan asuransi juga menggunakan jalur perusahaan pembiayaan (multifinance), bank, agen, atau broker untuk menjajakan produk asuransi mereka.

Sebagai seorang calon pengguna asuransi, maka pastikan sebagai seorang klien anda akan mengetahui ketentuan yang ada dalam polis dan kejelasan tentang hak dan kewajiban Anda sebagai pengguna asuransi. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan jasa seorang broker, maka anda dapat dibantu dalam membeli produk asuransi dan didampingi pada saat terjadi klaim, di mana mereka telah sangat ahli mengenai kondisi dan persyaratan polis asuransi.

Baca Polis dengan Teliti

Satu hal yang pasti selalu ada dalam semua produk asuransi, termasuk asuransi mobil adalah pengecualian perlindungan. Karena itu, tanya dengan teliti kepada pihak perusahaan pembiayaan (multifinance), bank, agen, atau broker mengenai hal ini dan baca polis dengan teliti. Agar Anda tidak merasa tertipu kelau suatu waktu klaim yang diajukan ditolak pihak asuransi.

Sumber: http://www.suara.com/bisnis/2016/01/26/083000/ini-4-trik-menguntungkan-saat-daftar-asuransi-mobil