Ini 9 Program Kerja Pokok AAUI Periode 2017-2020

25 Jul 2017, 08:07

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menggelar inagurasi pengurus pusat baru periode bakti 2017-2020 pada Senin (10/7). Dalam inagurasi tersebut Ketua AAUI Dadang Sukresna mengatakan, dengan amanah ini ia berharap bisa melaksanakan sembilan program kerja pokok AAUI periode 2017-2020 berdasarkan hasil kongres AAUI ke-V.

Dalam inagurasi tersebut dihadiri pula oleh pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bidang Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yakni Firdaus DJaelani selaku Kepala Eksekutif Pengawas IKNB, Dumoly Pardede selaku Deputi Pengawas IKNB juga Edy Setiadi selaku Deputi Komisioner Pengawas IKNB.

"Kami senantiasi berusaha untuk bekerjasama dengan baik demi mewujudkan sembilan program kerja pokok tersebut. Tanpa ada kerjasama yang solid, impactnya tentu tidak maksimal," kata Dadang di Jakarta, Senin (10/7/2017).

Adapun dalam sambutan tersebut, Dadang memaparkan sembilan program kerja pokok AAUI periode 2017-2020. Program kerja tersebut meliputi.

1. Peningaktan Kualitas SDM Asuransi Umum dan reasuransi melalui pengembangan sertifikasi profesi dan standarisasi komptensi, awarding serta kerjasama dengan lembaga pendidikan bagi pengembangan SDM asuransi dan reasuransi yang dapat bersaing di tingkat regional dan internasional.

2. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap asuransi umum di seluruh Indonesia melalui peningkatan edukasi,literasi, dan inklusi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui penerapan regulasi perlindungan konsumen dan pemberdayaan dan edukasi masyarakat terhadap Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) Asuransi.

3. Mendorong iklim persaingan usaha yang sehat bersama-sama dengan regulator melalui penyempurnaan regulasi yang implementatif dan penegakan hukum/peraturan (law enforcement) secara transparan serta pelaksanaan kode etik dan pemberdayaan dewan kehormatan.

4. Peningkatan jumlah dan kualitas agen asuransi umum secara nasional melalui sertifikasi keagenan yang berstandar nasional dan ketaatan terhadap kode etik agen bagi pengembangan pasar asuransi termasuk asuransi mikro untuk masyarakat menengah ke bawah dan peningkatan kepercayaan masyarakat secara umum.

5. Melindungi kepentingan anggota dan pasar Asuransi Umum dan Reasuransi Nasional serta terus memperjuangkan kondisi pasar yang semakin kondusif serta senantiasa mengembangkan pasar dan mendukung pelaksanaan asuransi wajib secara bersama-sama untuk pertumbuhan industri asuransi umum dan reasuransi.

6. Mengembangkan riset dan penelitian industri asuransi umum dan reasuransi melalui penguatan data industri dan analisa statistik yang dapat diakses oleh anggota untuk pengembangan industri asuransi serta penyusunan profil risiko yang berbasis data.

7. Meningkatkan daya saing industri asuransi umum melalui pengembangan fintech /digital insurance serta menjaga stabilitas pertumbuhan industri asuransi dengan penerapan market conduct dengan tetap memberikan peluang pengembangan inovasi teknologi.

8. Meningkatkan kerjasama antar anggota dan dengan institusi/asosiasi lain di dalam dan luar negeri dalam rangka pertukaran informasi, peningkatan kapasitas retensi nasional, perlindungan pasar, serta pencegahan tindak kejahatan asuransi.

9. Meningkat peran asosiasi baik dipusat maupun di daerah melalui peningkatan kompetensi, koordinasi dan konsolidasi untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholder serta melaksanakan program kerja lainnya yang dianggap perlu sebagai respon dari dinamika dalam industri perasuransian.

Sumber : finansial.bisnis.com/read/20170710/215/670094/ini-9-program-kerja-pokok-aaui-periode-2017-2020