Ini Alasannya Rumah Butuh Asuransi

10 Nov 2016, 14:04

Rumah adalah salah satu investasi terbesar bagi seseorang. Tidak hanya bangunannya, namun juga mencakup tanah dan perabotan di dalamnya.

Bagi sebagian orang, asuransi untuk rumah masih belum diprioritaskan. Saat melakukan kredit, rumah diproteksi dengan asuransi. Bagaimana jika sudah lunas? Biasanya seseorang akan lupa dan cenderung mengabaikan asuransi rumah mereka.

Padahal, tidak ada yang bisa menjamin rumah tidak akan mengalami kebakaran, pencurian, atau kebanjiran. Untuk itu, perlu ada upaya pencegahan, salah satunya dengan asuransi rumah.

Apa Itu Asuransi Rumah?

Asuransi rumah berarti mengalihkan risiko dan kerugian finansial kepada pihak penyedia asuransi. Tentu saja hal yang menjadi pertimbangan besar adalah ketika seseorang kehilangan rumah sama dengan ia kehilangan investasi terbesar dalam hidup.

Untuk itu, tidak perlu menunggu lama untuk mengasuransikan rumah Anda. Namun, Anda juga perlu tahu beberapa detail informasi, mulai dari apa saja yang ditanggung oleh perusahaan asuransi dan apa saja hal yang perlu Anda lakukan untuk memulainya.

Tanggungan Asuransi Rumah

Asuransi bekerja layaknya proteksi utama dengan cara mengganti kerusakan dan kerugian yang Anda alami. Ganti rugi tersebut bisa mencakup perbaikan menyeluruh atau sebagian. Bahkan bisa jadi berupa pembangunan kembali apabila kerusakan yang Anda alami fatal.

Adapun, asuransi rumah dasar sesuai dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia. Cakupannya adalah segala bentuk risiko umum, seperti sambaran petir, kebakaran, ledakan, kepulan asap, dan kejatuhan pesawat terbang.

Dari situ, Anda dapat menambah proteksi asuransi rumah Anda dengan cara memperpanjang polis atau memberi tambahan jaminan atas kekhawatiran yang mungkin bisa terjadi pada rumah Anda, seperti ancaman banjir, tanah longsor, pencurian, hingga huru-hara.

Namun begitu, Anda perlu menggarisbawahi bahwa tidak semua ancaman dapat diproteksi oleh penyedia asuransi.

Ada beberapa pengecualian kerusakan rumah yang tidak dijamin, seperti kerusakan akibat perang dan perusakan yang sengaja dilakukan oleh pemilik properti.

Anda juga perlu memerhatikan bahwa pihak penyedia asuransi biasanya melihat bentuk bangunan sebelum memberikan asuransi. Mereka biasanya menolak bangunan rumah kayu atau rumah tradisional.

Anda dapat melanjutkan membaca langkah - langkah yang perlu Anda lakukan sebelum membeli asuransi rumah. | Foto: Pixabay- Rina Susanto

askrida | Sumber : www.rumah.com