Ini Keuntungan Punya Asuransi Properti

20 Sep 2016, 08:03

Jakarta, Asuransi properti mungkin terdengar asing bagi Anda. Ya, jenis asuransi ini memang tidak sepopuler asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor. Meski kurang populer, manfaatnya ternyata sangat besar. Perlindungan yang didapatkan dari asuransi properti bisa membuat hidup seseorang jauh lebih tenang. Lebih dari itu, perlindungan asuransi properti juga dapat memberikan perlindungan terhadap risiko keuangan.

Fakta ini sangat penting mengingat properti antara lain rumah, ruko, atau kontakan merupakan harta benda bernilai. Selain itu, asuransi properti juga melindungi dari bencana mulai dari kebakaran, kebanjiran, atau kecurian. Manfaat yang ini mungkin sudah Anda ketahui, tapi bagaimana dengan manfaat asuransi properti seperti berikut :

1. Mengganti biaya arsitek.

Rumah atau properti yang mengalami kebakaran parah sehingga merusak struktur bangunan tentu akan memperoleh biaya pembangunan ulang jika memiliki asuransi properti. Akan tetapi tak hanya itu, Anda pun berhak atas biaya jasa arsitek. Asyiknya lagi Anda bebas memilih arsitek dan bebas mendesain ulang rumah sesuai keinginan tanpa mengeluarkan biaya apapun. Namun harus diingat asuransi properti tidak menanggung rumah yang strukturnya didominasi kayu. Ini karena pihak asuransi menganggap rumah berbahan kayu lebih rentan mengalami kebakaran.

2. Mengganti biaya cat.

Lalu bagaimana dengan rumah yang kebanjiran? Banjir biasanya tidak sampai merusak struktur bangunan, tapi memang membuat tampilan rumah menjadi kusam karena cat menjadi terkelupas. Bila kamu memiliki asuransi properti dengan perluasan manfaat atas risiko banjir, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengecatan ulang.

3. Mengganti uang dan surat berharga.

Tidak hanya dinding atau struktur rumah. Asuransi properti juga melindungi perabotan yang ada di dalamnya. Ini termasuk perabotan dan surat-surat berharga. Jika kamu memiliki asuransi properti dengan perluasan perlindungan money insurance, asuransi properti akan mengganti uang yang hilang karena kecurian, kebakaran, kebanjiran, atau bencana lainnya.

4. Memberikan tempat tinggal sementara.

Lalu harus tinggal di mana saat rumah kembali dibangun? Tenang saja, karena ganti rugi berupa tempat tinggal sementara juga ditanggung asuransi properti. Selama rumahmu kembali dibangun, kamu akan menerima uang tunai untuk menyewa rumah sementara. Uang yang diberikan sesuai dengan nilai pertanggungan yang ada dalam polis asuransi

Intinya, Anda yang sedang tertimpa musibah tidak perlu mengeluarkan biaya yang malah membuat Anda makin sedih. Semuanya sudah dijamin oleh asuransi properti.

askrida | Sumber : bisnis.liputan6.com/read/2598056/ini-keuntungan-punya-asuransi-properti