Ini Ruginya Jika Mobil Tidak Dilindungi Asuransi

19 Aug 2015, 07:20

VIVA.co.id - Saat ini, khususnya Anda yang memiliki mobil, asuransi kendaraan adalah hal wajib yang perlu dimiliki. Kendaraan yang makin banyak, macet, dan cara berkendara yang berbeda dari tiap pengemudi, menyebabkan risiko di jalan lebih besar dibanding sebelumnya.
Nah, berikut adalah beberapa daftar kerugian yang bisa Anda dapatkan ketika tidak punya asuransi kendaraan. 

Tidak hemat

Saat mengendarai mobil, bagaimana bila mobil Anda mengalami kecelakaan-kecelakaan kecil, misalnya seperti terserempet, menabrak pagar, atau lainnya. Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk perbaikan jika kejadian itu sering terjadi? 

Kabar baiknya, asuransi kendaraan melindungi kejadian-kejadian itu. Anda memang harus membayar diawal dengan jumlah tertentu pada saat mendaftar asuransi kendaraan. Namun dibanding Anda harus menanggung sendiri tanpa bisa diprediksi berapa besar biayanya maka asuransi kendaraan lebih menguntungkan.

Tidak hemat waktu

Mobil Anda mengalami kecelakaan dan saat itu Anda tidak memiliki asuransi kendaraan, apa yang akan terjadi? Anda harus mengurus segala sesuatunya sendiri, bukan? Akan berbeda cerita jika mememiliki asuransi mobil.

Karena Anda hanya angkat telepon, hubungi broker atau agen asuransi yang dimiliki, dan semuanya akan segera diurus. Intinya akan hemat waktu dan dibantu ahlinya. Dari proses klaim hingga masalah menemukan bengkel yang tepat, akan diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Tidak tenang mengemudi

Taruhlah Anda jago mengemudi. Namun sangat dimungkinkan bila kecelakaan terjadi akibat kesalahan mengemudi orang lain. Atau, mobil terkena musibah karena bencana alam. Kabar baiknya, banyak perluasan pertanggungan yang dimiliki oleh asuransi kendaraan, termasuk karena bencana alam. 

Bahkan, ada pula pertanggungan huru-hara apabila kendaraan  dirugikan akibat adanya kerusuhan, sabotase, penghalangan kerja, terorisme dan penjarahan. 
Dengan memiliki asuransi kendaraan Anda mungkin akan tenang mengemudi, sebab memiliki perlindungan berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Tidak peduli pengendara lain

Saat ditabrak atau menabrak orang lain, apakah Anda akan langsung melarikan diri? Inilah bedanya ketika memiliki asuransi kendaraan. Sebab asuransi kendaraan miliki pertanggungan untuk pihak ketiga.

Perlindungan ini akan memberikan perlindungan ketika Anda menabrak kendaraan lain. Sebab, kendaraan yang ditabrak pun akan dilindungi oleh asuransi yang dimiliki. Walau begitu, ada limit tertentu, dan penyebab kecelakaan harus bebas dari kondisi pengecualian yang dapat membatalkan klaim. (ren)

Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/661550-ini-ruginya-jika-mobil-tidak-dilindungi-asuransi