Integrasi Asuransi Asean, OJK Minta Masukan Asosiasi

28 Feb 2016, 10:00

Bisnis.com, JAKARTA -  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta usulan dan masukan dari asosiasi asurani untuk dibawa dalam pembahasan dengan regulator industri tersebut pada tingkat Asia Tenggara.

Deputi Komisioner Pengawas IKNB I OJK Edy Setiadi mengungkapkan, pihaknya memang selalu meminta masukan dari asosiasi, bila akan melakukan negosiasi di tingkat regional.

Masukan atau usulan yang ada  masih akan dibahas lebih lanjut dengan para pelaku asuransi.

“Banyak hal yang akan dibicarakan salah satunya adalah kesiapan industri asuransi nasional,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (22/2/2016).

Seperti diketahui, regulator industri asuransi di kawasan Asia Tenggara menyepakati pembentukan Asean Insurance Forum (AIF) untuk mendorong integrasi sektor tersebut sejalan dengan berlakunya era pasar tunggal, Asean Economic Community (AEC).

Lembaga yang akan mengawal pengembangan liberalisasi khusus industri asuransi di kawasan Asia Tenggara ini dicetuskan saat perhelatan Asean Insurance Regulators' Meeting (AIRM) ke-18 di Kamboja, pada akhir Oktober lalu.

AIF direncanakan akan mulai bekerja pada awal 2016 dan menentukan peta jalan atau roadmap pengembangan liberalisasi asuransi di Asia Tenggara.

Salah satu poin dalam AIRM ke-18 yang mendesak direalisasikan adalah integrasi asuransi marine, aviation dan transportation (MAT) karena dinilai paling sering bersinggungan dalam implementasi AEC.

Terkait dengan produk asuransi MAT, sambung Edy, otoritas akan melihat kesiapan pengaturan yang ada di kementerian terkait yang akan memengaruhi keterbukaan pasar domestik.

Edy sebelumnya menjelaskan regulator di Asia Tenggara akan terus mendorong integrasi asuransi MAT.

"Misalnya, ketika melewati batas negara tertentu nanti penerapan asuransinya bagaimana, sebab setiap negara saat ini punya aturan sendiri," ujarnya.

Di samping itu, Edy mengatakan forum tersebut juga akan mendorong edukasi guna meningkatkan literasi jasa keuangan, khususnya asuransi.
Sumber: http://syariah.bisnis.com/read/20160222/232/521573/integrasi-asuransi-asean-ojk-minta-masukan-asosiasi