Jangan Pernah Hilangkan Hal Ini dari Rencana Anggaran Anda

14 Aug 2017, 14:25

Membuat anggaran adalah salah satu cara tepat untuk mengatur keuangan. Dengan adanya anggaran keuangan, kita bisa lebih dapat mengetahui seberapa besar biaya yang harus kita keluarkan untuk keperluan kita selama kurun waktu tertentu, misalnya sebulan.

Namun terkadang, walaupun sudah menggunakan anggaran keuangan, beberapa orang tetap saja boros dalam menggunakan uang. Ada banyak cara untuk menghemat uang. Anda bisa berhenti makan di restoran, berhenti membeli baju baru, atau berhenti membeli barang yang tidak perlu.

Tapi ada jenis ‘barang’ yang tidak dapat begitu saja Anda potong dari anggaran keuangan Anda. Inilah daftar barang yang tidak boleh dipotong itu (bagaimana pun alasan Anda) :

Asuransi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa dua pertiga dari semua kebangkrutan secara langsung terkait dengan tagihan medis? Jika Anda mengalami luka atau penyakit serius, tagihan medis Anda mungkin akan melonjak menjadi jutaan. Itu lebih umum dari yang Anda duga. Jika atasan Anda tidak menawarkan asuransi kesehatan, belilah asuransi pribadi Anda sendiri. Jika Anda merasa bahwa rencana individu terlalu mahal, pertimbangkanlah biaya pengganti yang harus tetap Anda keluarkan jika pun Anda tidak memiliki Asuransi Kesehatan.

Asuransi Rumah

Setelah biaya yang berkaitan dengan kesehatan Anda, tagihan terbesar kedua yang mungkin harus Anda bayar adalah biaya rumah Anda. Jika sebuah bencana menyerang rumah Anda dan menyebabkan kehancuran, Anda tidak perlu lagi pusing untuk mencari dana perbaikan rumah Anda. Asuransi rumah dapat membantu Anda dalam melindungi rumah Anda dan membantu jika terjadi sesuatu.

Asuransi Mobil

Selayaknya sebelum seseorang berkendaraan di jalan raya, ia telah mencadangkan biaya sejumlah minimum tertentu, untuk mengantisipasi segala kemungkinan tanggung jawab yang harus ia lakukan akibat risiko-risiko yang biasa/dapat saja terjadi sepanjang ia berkendara. Segala biaya yang harus ia antisipasi tadi, baik terhadap kendaraannya, dirinya pribadi, maupun terhadap diri dan kendaraan pihak lain, bisa ia dapatkan melalui pembelian Asuransi Kendaraan Bermotor.

Dana Darurat

Tentu akan merasa lebih tenang untuk menghadapi keadaan darurat yang mungkin muncul, apabila Anda masih memiliki cadangan uang sejumlah beberapa bulan gaji. Maka dari itu, penting untuk menyisihkan dana darurat setiap bulan dalam anggaran. Kajilah kembali polis asuransi Anda minimal setahun sekali untuk memastikan bahwa Anda telah memiliki uang pertanggungan yang memadai. Memiliki asuransi yang tidak memadai hampir sama buruknya dengan tidak memiliki sama sekali.

Sumber : bisnis.liputan6.com/read/3042921/jangan-pernah-hilangkan-hal-ini-dari-rencana-anggaran-anda