Jokowi Minta Cara Peroleh KUR Harus Dipermudah Biar Rakyat Semakin Bankable

05 Jan 2017, 14:03

Peningkatan akses masyarakat terhadap sektor keuangan saat ini tengah gencar dilakukan oleh pemerintah. Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi di berbagai daerah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta akses keuangan kepada masyarakat dapat ditingkatkan. Salah satunya adalah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurut Jokowi, penyaluran KUR harus dapat lebih luas menjangkau masyarakat pada berbagai daerah. Sebab, hal ini akan sangat menentukan ekonomi masyarakat.

"Saya minta lebih ditingkatkan lagi program-program perkuat akses rakyat untuk mendapatkan modal," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta agar cara pengurusan KUR dapat semakin mudah. Perubahan ini perlu dilakukan akan semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan dampak dari program pemerintah sehingga inklusif keuangan dapat meningkat.

"Sehingga pada tahun ini, tahun depan saya kira KUR harus menjangkau semakin banyak rakyat semakin besar jumlahnya dan semakin mudah cara memperolehnya," tutupnya.

Selain penyaluran kredit, Jokowi juga meminta agar peningkatan penyaluran asuransi dapat dilakukan. Terutama pada masyarakat di pedesaan yang selama ini menjadi target pada program inklusi keuangan.

"Asuransi untuk ini juga perlu diberikan, ditingkatkan," tuturnya di Istana Bogor, Rabu (4/1/2016)

Menurut Jokowi, peningkatan akses asuransi dapat berdampak pada meningkatkan inklusi keuangan pada berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu, ekonomi masyarakat kecil juga dapat tumbuh sehingga berdampak pada pemerataan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Sehingga kita bisa dorong keuangan inklusif sehingga rakyat semakin bankable," tutupnya. (dni-rzy)

askrida | Sumber : www.okezone.com